Komstir atau steering head merupakan bagian penting pada sepeda motor, memiliki fungsi yang cukup vital dimana menjadi komponen untuk mendukung kestabilan handling sepeda motor ketika bermanuver. Komstir juga berfungsi untuk menjadi tumpuan dan meredam guncangan dari shockbreaker depan.

Agar sepeda motor bekerja optimal, tentunya komstir harus dalam keadaan yang baik. Kendala yang umum dihadapi para pengendara jika terdapat masalah pada komstir adalah ditandai dengan setang kemudi yang goyang dan tidak stabil, terdapat guncangan berlebih dan terasa tidak nyaman terutama saat melakukan hard braking atau melakukan pengereman depan, terdapat suara mengganggu dan terasa longgar atau oblak.

Komstir pada umumnya terdiri dari komponen bola-bola baja kecil atau yang disebut ball steer atau yang sering disebut gotri atau pelor, cara kerjanya sama seperti bearing atau laher. Komponen tersebut biasanya mengalami kerusakan karena usia pakai dan kurangnya perawatan,

Selain oblak, gejala yang timbul pada bagian komstir diantaranya handling terasa berat saat bermanuver atau seret. Penyebabnya karena komponen tersebut kurang pelumasan dan bisa juga karena timbulnya korosi atau karat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi komstir oblak? Apakah bisa diperbaiki atau harus diganti? Berikut ini langkah yang harus dilakukan.

Pertama, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Untuk memastikan, apakah gejala kerusakan terdapat pada komstir atau bagian lainnya. Terkadang gejala yang tibul juga bisa disebabkan komponen lainnya yang mengalami kerusakan, seperti bearing roda depan, velg atau juga stang kemudi yang longgar.

Setelah dipastikan kendala terdapat pada komstir, selanjutnya bongkar semua bagian perangkat bodi depan termasuk komponen komsir untuk memudahkan proses perbaikan.

Jika gejalanya hanya longgar, bisa dilakukan pengencangan kembali mur bagian luar tutup komstir. Namun harus diperhatikan kekencangannya untuk mendapatkan gerak bebas yang ideal dan tepat.

Tapi jika terdapat gejala seret dan keras, periksa bagian dalam komstir untuk memastikan ball steer atau bola bearing komstir mendapat pelumasan yang cukup dengan cara memberinya grease atau gemuk.

Namun ada gejala dimana komstir mengalami kondisi dimana ball steer mengalami kerusakan yang parah seperti hancur atau aus, maka dipastikan anda harus mengganti dengan komponen sparepart komstir yang baru.

Selalu lakukan perawatan dan penggantian komstir di bengkel AHASS agar komponen yang digunakan terjamin keasliannya dan awet serta ditangani oleh mekanik terlatih dan pengalaman. Tentunya agar kendaraan selalu dalam keadaan prima serta aman dan nyaman saat digunakan berkendara.