Sepeda motor pada umumnya memiliki dua jenis standar, diantaranya standar samping dan juga standar ganda atau yang biasa disebut standar tengah. Keduanya berfungsi untuk menopang dan menahan sepeda motor dalam keadaan diam agar stabil, tidak goyang dan tidak ambruk saat parkir, saat mencuci atau dalam perbaikan juga saat kondisi sepeda motor disimpan dalam waktu lama.

Untuk standar samping penggunaanya terbilang cukup mudah dan praktis. Tapi untuk standar tengah memang untuk beberapa orang akan mengalami kesulitan, terutama bagi kaum hawa.

Dan berikut ini ada tips mudah untuk menurunkan standar tengah yang aman dan tepat.

Langkah pertama, pastikan mesin sepeda motor dalam kondisi mati. Yaitu dengan cara putar kunci kontak dalam kondisi off. Tapi harus pastikan juga setang kemudi tidak dalam kondisi terkunci leher, karena jika tidak, proses menurunkan standar tengah akan terkendala.

Langkah kedua, dilanjutkan dengan menurunkan standar samping. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi apabila saat proses menurunkan standar tengah, motor tidak stabil dan jatuh.

Langkah ketiga, luruskan setang kemudi kemudian posisikan tangan kiri memegang setang kemudi bagian kiri dan tangah kanan memegang behel atau rear grip belakang sepeda motor.

Langkah selanjutnya adalah, dengan memastikan kondisi aspal, tanah, coran beton, atau tepat untuk menurunkan standar tengah dalam kondisi rata, kokoh, tidak licin dan juga tidak ada batu-batu kecil yang bisa berpotensi membuat sepeda motor tidak stabil dan tidak aman saat berdiri nantinya.

Dan barulah standar tengah diturunkan menggunakan kaki sebelah kanan. Sedangkan kaki kanan tetap di atas aspal. Cara mudah untuk dalam proses ini adalah dengan bantuan tangan kiri di bagian setang kemudi dan tangan kanan di bagian behel memberikan tenaga untuk mengangkat dan menarik, dan kaki focus untuk menekan kebawah hingga akhirnya standar tengah bisa turun dan membuat sepeda motor bisa tegak sempurna.

Sama seperti bagian lainnya, standar tengah juga perlu mendapat perawatan. Jadi selalu pastikan kebersihannya dan jagan lupa untuk memberikan pelumas di bagian as dan pegas standar tengah agar bagian tersebut awet dan tetap bekerja optimal.