Memiliki banyak varian, desain yang sesuai selera dan fitur yang lengkap, salah satu alasan konsumen memilih sepeda motor tipe matic adalah karena kepraktisan. Area floor dek atau pijakan kaki pengemudi yang rata dan luas tentunya selain menunjang posisi berkendara yang nyaman juga bisa dimanfaatkan untuk membawa barang, termasuk salah satunya muat untuk membawa galon air mineral.

Tapi apakah aman sepeda motor matic digunakan untuk membawa galon?

Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora, Asep Wawan menjelaskan jika membawa barang bawaan termasuk galon air mineral tentu saja tidak ada larangan dan di perbolehkan asal diperhatikan dari segi keamanannya.

"Pertama yang harus diperhatikan bobot galon tidak melebihi bobot penumpang, antara 60 s/d 170 kg, jadi hanya boleh satu sampai dua buah galon saja yang bisa diangkut" jelasnya.

Walaupun pada umumnya, galon yang dibawa biasanya disimpan di area dek sepeda motor matic, tapi posisi yang tepat untuk membawa barang adalah di bagian jok penumpang.

"Penempatan yang tepat untuk mendukung keamanan, galon disimpat di bagian jok penumpang baik dengan tali atau dengan dudukan galon yang kuat menempel pada body motor" tambahnya.

Alasan kenapa untuk tidak menempatkan galon air mineral pada bagian dek sepeda motor terutama untuk motor tipe matic karena berdampak pada kerusakaan pada komponen.

"Bila penempatan galon di dek atau pijakan kaki type matic, dalam jangka panjang akan merubah dimensi rangka dan juga merusak beberapa komponen seperti salah satunya komsteer"tutupnya.