Setiap sepeda motor tentunya memiliki standar yang berfungsi sebagai penahan atau penyanggah ketika sepeda motor dalam kondisi diam seperti saat parkir atau diposisikan berdiri tegak saat melakukan perbaikan, mencuci juga saat mengganti oli.

Pada umumnya, standar sepeda motor memiliki dua jenis, tapi kali ini kita bahas 4 jenis standar yang biasanya digunakan pada sepeda motor. Berikut diantaranya.

1.Standar samping

Berada di sebelah kiri bawah sepeda motor, standar samping memiliki fungsi penahan sepeda motor ketika parkir. Khusus untuk produk sepeda motor jenis skutik Honda memiliki fitur yang bernama Side Stand Switch yang dimana mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun sehingga mencegah pengendara lupa menaikkan standar samping.

2. Standar tengah

Punya nama lain standar ganda, standar tengah berada tepat di poros tengah di bawah mesin. Memiliki fungsi yang lebih banyak daripada standar samping, dimana standar ini harus digunakan ketika melakukan penggantian oli, lalu saat menyalakan kick starter untuk sepeda motor matic, dan juga digunakan saat mencuci sepeda motor atau ketika melakukan perbaikan dimana standar tengah lebih optimal untuk menjaga agar sepeda motor tetap dalam keadaan tegak dan stabil saat melakukan aktifitas dengan sepeda motor dalam kondisi diam.

3. Standar paddock

Standar ini sebenarnya berupa aksesoris yang dijual terpisah, digunakan pada sepeda motor jenis motor sport yang tidak memiliki standar tengah. Sesuai namanya, standar paddock sebenarnya digunakan oleh para mekanik pada unit sepeda motor balap, ketika sebelum start atau ketika berada di paddock, namun saat ini standar paddock juga digunakan pada sepeda motor di kalangan umum.

Standar paddock memiliki karakteristik digunakan untuk menjadi tumpuan sepeda motor, biasanya diletakan dibagian belakang tepatnya dibawah ujung swing arm sepeda motor atau juga dibagian depan, memiliki pegangan dan juga roda kecil dibagian bawahnya untuk mempermudah pergerakan dan pemasangan pada sepeda motor saat digunakan.

4. Jackstand atau standar khusus motor trail

Sama seperti standar paddock, jacktand biasanya digunakan khusus untuk sepeda motor adventure seperti motocross, motor trail atau motor-motor yang digunakan di lintasan non aspal. Karena motor jenis tersebut tidak memiliki standar bawaan baik standar samping maupun standar tengah, maka untuk menjadi tumpuan sepeda motor ketika parkir atau berhenti maka dibutuhkan standar khusus.

Berbeda dengan standar paddock yang menopang bagian swing arm, Jackstand mocross digunakan tepat dibawah mesin. Bentuknya mirip seperti kursi atau bangku kecil dengan ketinggian penopang yang bisa disetting dan disesuaikan kebutuhannya.

Semua jenis tandar sepeda motor tentunya memiliki fungsi yang sama yakni menopang dan menahan sepeda motor, untuk itu sama seperti komponen lainnya, standar sepeda motor juga perlu mendapat perawatan agar selalu terjaga fungsinya dengan optimal.