Fadillah Arbi Aditama semakin kompetitif di Mandalika pada Sabtu (28/9/2024). Pebalap Astra Honda Racing Team tersebut mengunci posisi start ke-22 pada Grand Prix Indonesia yang merupakan wildcard terakhirnya pada musim 2024. Pebalap dengan nomor motor 93 ini akan memulai balapan dari baris ke-8.

Arbi bersaing di posisi Top 20 pada sesi FP1 dan dua sesi practice yang digelar sebelum Qualifying. Sebagai pebalap tuan rumah, ia berada di urutan ke-24 secara umum dengan catatan terbaik 1:39.628, dengan selalu mencatat kemajuan setiap kali masuk ke lintasan.

Pada GP Indonesia tahun lalu, Arbi berhasil menembus Q2, setelah masuk top 4 pada sesi Q1. Saat pertama keluar pada Q1 kali ini, Arbi berada di posisi ke-26 berkat putaran yang menjadi catatan waktu terbaiknya akhir pekan ini.

Pada paruh kedua Q1, dia mencoba mengikuti pebalap lain untuk mendapatkan waktu tercepat. Dia terjebak di rombongan besar saat akan melakukan flying lap, yang membuatnya tidak bisa menyamai catatan terbaiknya. Dengan 1:38.987, dia tidak bisa masuk posisi 4 besar dan lolos ke Q2. Dia berada di posisi ke-8, dengan dua per sepuluh detik lebih lambat dari posisi ke Q2.

"Saya sangat senang. Pagi ini saya merasa sangat baik dengan motor dan lintasan, meskipun saya tidak bisa mencatatkan waktu yang sempurna. Di Q1 saya merasa nyaman sejak awal dan bisa melakukan lap terakhir dengan baik. Sangat disayangkan karena saya melakukan kesalahan kecil dan saat itulah saya gagal lolos ke Q2. Kami memiliki kecepatan untuk besok dan saya berharap bisa bersama tim memperjuangkan posisi yang baik, seperti yang kami lakukan tahun lalu.”  ujar Arbi Aditama.

Arbi akan start dari posisi ke-22, atau dari baris kedelapan, pada balapan di Mandalika. Dia menargetkan poin perdananya di World Championship, saat menjalani balapan yang akan digelar Minggu (29/9/2024) pukul 12:00 WIB.