Pada umumnya sepeda motor memiliki 2 jenis starter untuk menyalakan mesin. Ada yang menggunakan electric starter dan juga kick starter. Adapun di beberapa model, sepeda motor hanya memiliki satu jenis starter saja termasuk diantaranya untuk model sepeda motor matic atau skutik yang biasanya hanya terdapat electric starter saja.

Alasan mengapa hanya menggunakan satu jenis starter saja, karena kick starter khususnya pada sepeda motor jenis matic sangat jarang digunakan. Pengendara lebih memilih jenis electric starter saja, karena pengoperasiannya yang lebih mudah dan lebih praktis.

Tapi buat pengendara yang memiliki sepeda motor matic dengan dua jenis kick starter tentunya harus merawat kedua komponen tersebut. Untuk jenis electric starter, cukup hanya dengan menjaga kondisi aki atau baterai sepeda motor untuk menjaga semua komponen kelistrikan pada sepeda motor tetap prima.

Sedangkan untuk yang memiliki jenis kick starter, walaupun memiliki banyak keuntungan seperti saat kondisi baterai lemah, atau dalam kondisi darurat. Tapi kick starter pada sepeda motor matic justru harus mendapatkan perawatan ekstra untuk menjaganya tetap awet dan tahan lama. Diantaranya.

Sama dengan bagian komponen lainnya, kick starter juga harus terjaga kebersihannya. Terutama saat mencuci atau sering terkena lumpur dan air hujan. Bagian ini tentunya harus selalu bersih dan bebas kotoran.

Dan walaupun jarang digunakan, pemilik sepeda motor matic yang memiliki fitur kick starter harus sering digunakan, misalnya ketika akan menyalakan sepeda motor di pagi hari. Cukup dengan mengakan standar tengah lalu, sesekali menyalakan sepeda motor menggunakan sepeda motor. Supaya bagian kick starter selalu ada pergerakan dan dibagian dalam komponen perangkat tersebut selalu bekerja dengan baik.

Kemudian, ketika melakukan service rutin terutama di bagian komponen CVT. Maka di bagian dalam perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan dan dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan. Bisa cek, ketika diselah. Apakah berjalan normal. Jika terkendala seperti seret, keras ketika diinjak atau sebaliknya seperti ngelos dan tidak bisa kembali maka terdapat masalah di beberapa komponen di dalamnya.

Jika terdapat masalah, maka segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk melakukan service dan perbaikan. Untuk menjaga dan merawat semua komponen sepeda motor tetap terjaga prima. Gunakan layanan booking service untuk layanan yang lebih praktis dan bebas antri.