Ketika hujan mulai turun ketika kita melakukan aktivitas berkendara menggunakan sepeda motor, pengendara biasanya berhenti dahulu untuk sekedar berteduh. Apalagi ketika lupa atau tidak membawa alat pelindung diri seperti jas hujan. Ada beberapa tempat yang cenderung dipilih untuk berteduh, diantaranya bangunan rumah atau ruko yang berkanopi, dibawah jembatan, fasilitas umum seperti halte dan juga pohon rindang.

Biasanya alasan mengapa pengendara memilih pohon rindang adalah karena lebih dekat dengan jalan, tepat diatas trotoar atau bahu jalan, sehingga lebih mudah ketika hendak melanjutkan perjalanan.

Namun, berteduh dibawah pohon rindang terutama ketika hujan memiliki beberapa resiko yang bahkan berbahaya karena berpotensi menyebabkan hal-hal yang merugikan bagi pengendara, diantaranya.

Tertimpa benda dari pohon

Berteduh dibawah pohon beresiko tertimpa beberapa benda yang jatuh dari bagian pohon, seperti ranting, buah atau juga bagian batang yang lapuk termasuk juga spanduk atau bendera yang terpasang di atas pohon. Benda-benda tersebut tentunya memiliki bobot yang berpotensi merusak bagian motor juga melukai pengendara ketika terjatuh.

Tertimpa pohon runtuh

Dan bahkan jika hujan turun dengan deras yang disertai angin, pohon rindang apalagi yang berukuran besar dan sudah tua berpotensi mengalami ambruk atau runtuh menimpa sepeda motor atau pengendara sehingga mengalami kerugian yang lebih besar.

Tersengat aliran listrik

Pohon rindang yang tinggi terutama yang berdekatan dengan tiang listrik berpotensi mengalami kebocoran atau kabel yang putus ketika tertimpa ranting atau batang pohon. Jika hal tersebut terjadi, bagian pohon menjadi salah satu media konduktor penghantar listrik, sehingga ketika pengendara berhenti dan berteduh dibawah pohon berpotensi terkena sengatan listrik.

Untuk menghindari kejadian tersebut, jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkendara yang tepat untuk dibawa saat kondisi hujan, seperti jas hujan, gloves dan sepatu both yang tahan air, sehingga pengendara tidak perlau bertenduh dan masih bisa melanjutkan perjalanan walaupun dalam kondisi hujan. Disarankan juga untuk berhenti, parkir dan berteduh di tempat yang lebih aman dan nyaman agar terhindar dari potensi kerugian yang tidak kita inginkan.