Komunitas ADV Riders Bandung (ARB) mengadakan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) yang menjadi agenda rutin komunitas untuk mengisi kegiatan touring di akhir pekan. Sunmori ARB kali ini digelar pada hari Minggu tanggal 1 September 2024 dan diikuti sekitar 9 motor Honda ADV. Pada kegiatan ini juga ARB mengajak komunitas motor lainnya untuk memeriahkan acara.

Berbeda dengan Sunmori pada umumnya yang hanya berlangsung di pagi sampai siang hari, Sunmori ARB kali ini berlangsung dari pagi sampai sore dan bahkan malam hari. Destinasi touringnya pun bukan hanya satu tempat, tapi memiliki banyak tempat dan diisi dengan beragam kegiatan yang seru.

Tujuan awal Sunmori ARB kali ini adalah daerah wisata Curug Citambur, yang berada di daerah Kab. Cianjur. Peserta melewati jalur pegunungan dengan nuansa kebun Teh Walini yang berada di daerah Ciwidey, Kab, Bandung.

"Sunmori yang sudah dijadwalkan dua minggu-an sebelumnya ini mengambil tempat tikum di shelter bis Carefour Kiaracondong jam 06.30 pagi. Diawali sarapan bubur, gorengan dan kopi sachet di tikum Carefour, lalu berangkatlah kita ke rute pertama arah Ciwidey kebun teh Walini  menuju Curug Citambur." ujar kang Yadi, anggota ADV Riders Bandung.

Dari Ciwidey menuju Curug Citambur, Peserta melewati jalanan berbatu di daerah Cianjur, Jalur tersebut memberikan sensasi berkendara yang seru dan penuh tantangan. Tapi perjalanan tersebut terbayarkan dengan pesona alam air terjun dengan pemandangan yang indah. Peserta pun mengambil beberapa foto untuk merekam momen kebersamaan.

"Jam 10.30an sampai di Curug Citambur dengan pesona curugnya yang kolosal dengan kondisi jalan entri nya yang masih tetap berbatu. Kita sempat mengambil beberapa foto dan melanjutkan perjalanan. Di curug Citambur ini 4 rekan pulang kembali ke Bandung menyisakan 5 motor Honda ADV untuk lanjut ke pantai." serunya.

Dari mulai daerah pegunungan dengan nuansa kebun teh yang dilanjutkan menuju daerah wisata alam air terjun, Kegiatan Sunmori ARB kali ini pun semakin lengkap karena ditutup dengan touring menuju daerah pesisir pantai, sehingga bukan hanya menikmati perjalanan dan pesona alam, peserta juga bisa menikmati wisata kuliner yang khas.

"Kita melaju ke arah pantai Jayanti lewat jalan mulus Naringgul pada sore hari. Menikmati indahnya alam dan jalan aspal yang sedang mulus-mulusnya menuju ke arah pantai Jayanti. Sampai di pantai Jayanti sekitar Magrib, kita langsung masuk tanpa diportal petugas jaga, langsung mencari tempat makan untuk menikmati sajian kuliner ikan laut. Dinner time!"

"Pulang dari pantai Jayanti sekitar jam 8 malam dan sampai kembali ke rumah masing-masing sekitar tengah malam. Alhamdulillah pada kegiatan Sunmori ARB ini kita tidak kurang suatu apapun kecuali bagian mencari hasil jepretan foto dijalan, karena biasanya ngejar morning ride, ini kita malah Nyoride." tutupnya.