Dalam kondisi prima, sepeda motor akan mudah dinyalakan dari mulai starter, menarik gas tanpa kendala hingga berkendara aman dan nyaman sampai tujuan. Tapi, masalah yang sering kali dialami adalah ketika motor susah dinyalakan akibat susah di starter, terutama saat di pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Walaupun sebenarnya, ada alternatif jika starter electric tidak menyala maka bisa menggunakan kick starter, walaupun memang untuk sepeda motor matic komponen ini sudah tidak tersedia dan jika pun ada memang harus dinyalakaan dengan sambil menggunakan standar tengah.

Dan berikut ini beberapa faktor penyebab motor tidak menyala akibat starter electric tidak berfungsi normal, diantaranya.

Aki yang melemah

Yang paling umum jika starter electric tidak menyala adalah karena aki yang sudah melemah. Aki atau baterai adalah sumber daya listrik untuk menyalakan dinamo atau ACG starter. Maka jika arusnya tidak normal maka starter pun tidak akan menyala optimal.

Untuk itu selalu cek kondisi aki, jika sudah melemah bisa melakukan pengecasan dan jika sudah tidak berfungsi maka tindakan yang tepat adalah menggantinya dengan aki baru.

Kerusakan pada kabel dan kelistrikan

Tak hanya pada aki, penyebab starter electric juga bisa karena komponen kelistrikan pada sepeda motor yang bermasalah, diantaranya.

  • Dinamo atau ACG starter yang mengalami kerusakan atau kotor
  • Bendik, komponen ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter. Jika terdapat masalah yang ditandai dengan suara tidak normal dibagian komponen tersebut, maka bendik harus diganti dan tidak bisa diperbaiki.
  • Sekring juga bisa menjadi penyebab starter electric tidak menyala akibat arus listrik tidak tersambung.
  • Kabel, komponen ini juga sering menjadi penyebab starter electric tidak menyala. Bisa karena putus akibat gigitan hewan pengerat atau karena penyebab lain.

Busi melemah

Busi juga bisa menjadi penyebab electric tidak menyala, Walaupun bisa diperbaiki sendiri untuk sepeda motor matic memang tidak sepraktis motor lainnya maka untuk memperbaiki komponen ini lebih baik dibawa ke bengkel. Karena selain busi, bisa juga terdapat masalah pada kompresi atau pada bagian komponen di bagian mesin lainnya yang harus dilakukan diagnosa oleh mekanik berpengalaman.

Kerusakan pada bagian Switch Rem

Yang menarik, karena motor berjenis matic berbeda dengan motor bebek atau sport. Untuk menyalakan electric starter sepeda motor matic, pengendara diharuskan untuk sambil menekan handle rem sekaligus.

Dan bisa jadi, jika tidak mau nyala disebabkan ada masalah pada bagian komponen switch rem.

Standar Samping

Selain menekan handle rem, pengendara juga harus perhatikan jika standar samping sepeda motor matic sudah dalam keadaan terlipat. Karena bisanya fitur Switch Side Stand yang dalam kondisi tegak atau tidak terlipat, akan menyebabkan electric starter sepeda motor matic tidak akan menyala.

Kejadian tersebut biasanya dialami oleh para pengendara pemula, atau yang baru menggunakan sepeda motor matic yang punya fitur pemutus arus listrik mesin pada standar samping yang memang sudah umum digunakan saat ini.

Bensin habis

Dan terakhir, jika kondisi aki masih prima, bagian komponen lainnya juga berfungsi normal, handle rem sudah ditekan dan standar samping sudah terlipat sempurna dan ketika menekan tombol electric starter masih tidak mau nyala, harus dipastikan jika bahan bakar dalam kondisi terisi, jika tidak maka sepeda motor tidak akan menyala.

Untuk itu, setiap melakukan service atau perawatan rutin, selalu pastikan jika kondisi starter dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik. Karena untuk model sepeda motor matic yang tanpa kick starter, maka electric starter adalah satu-satunya jalan untuk menyalakan kendaraan.