Shockbreaker merupakan bagian penting pada sepeda motor, berfungsi untuk meredam guncangan dan getaran dari permukaan dari berbagai kondisi jalan sekaligus penopang bobot kendaraan dan penumpang saat berkendara.

Untuk jenis kendaraan sepeda motor, shockbreaker terdiri dari dua posisi diantaranya shockbreaker depan yang tepat berada samping kiri dan kanan ban depan dan shockbreaker belakang pada umunya terdiri dari dua tipe, diantaranya shockbreaker belakang tunggal dan ganda dengan posisi di kiri dan kanan samping ban belakang.

Sedangkan untuk jenisnya, shockbreaker belakang pada umumya terutama yang digunakan pada sepeda motor jenis skuter matic (skutik) terdiri dari dua jenis diantaranya shockbreak dengan spring biasa dan satu lagi shockbreaker tipe sub tank suspension.

Nah, untuk shockbreaker tipe sub tank suspension ini bisa kita temui pada varian model New Honda ADV160 dengan ciri fisik memiliki tabung reservoir gas dibagian atasnya.

Dimana jika pada shockbreaker biasa dibagian tabungnya hanya terdapat oli dan udara, sedangkan untuk tipe sub tank suspension, udara dan oli ditempatkan pada tabung yang terpisah, sehingga kinerja suspensi dan peredaman lebih optimal.

Lantas, apa kelebihan shockbreaker belakang jenis ini? Berikut diantaranya.

Tampilan lebih sporti

Keungulan shockbreaker model sub tank suspension yang pertama ada dari penampilan visual, dimana memiliki kesan canggih dan modern. Model shockbreaker seperti ini juga biasanya terdapat pada model motor balap sehingga menambah karakter sporti.

Lebih tangguh

Keunggulan selanjutnya, shockbreaker model sub tank suspension lebih kokoh dan tangguh sehingga sangat sesuai desain sepeda motor dengan karakteristik model skutik adventure seperti New Honda ADV160.

Lebih nyaman dan stabil

Dan sub tank suspension juga lebih nyaman dikendarai, itu karena kinerja peredaman yang lebih optimal baik dari spring rate, tabung udara dan olinya yang terpisah sehingga lebih stabil ketika digunakan saat bekendara di berbagai kondisi jalanan.

Untuk perawatan, shockbreaker model  sub tank suspension juga terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara rajin merawat dan membersihkannya ketika mencuci sepeda motor. Jangan lupa untuk ikut membersihkan ke sela-sela sprint rate-nya, agar tidak ada kotoran yang menembel dan mengerak yang berpotensi menggangu kinerja shockbreaker saat digunakan.

Hindari juga beban overload saat berkendara, seperti membawa barang melebihi ketentuan atau digunakan berboncengan lebih dari dua penumpang, dan juga hindari melewati jalan rusak dan berlubang dengan kecepatan tinggi. Karena bisa berpotensi menyebabkan kerusakan bukan cuma pada shockbreaker tapi juga pada komponen ban dan velg.