Klakson tentunya terdapat di semua kendaraan sepeda motor, fungsinya adalah untuk memberikan tanda ketika ada potensi bahaya terjadi di jalan raya juga sebagai isyarat kepada pengendara lain akan keberadaan kendaraan kita. Fungsi lain klakson juga bisa berguna untuk berkomunikasi dengan pengendara lain ketika hendak berbelok atau menyalip kendaraan lain.

Penggunaan klakson tentunya harus sesuai peraturan, jangan menyalakan klakson terlalu keras atau berlebihan dan juga jangan menyalakannya ketika tidak terjadi apa-apa karena bunyi klakson bisa berpotensi mengganggu dan membahayakan pengendara lain.

Karena pentingnya komponen ini, tentunya harus mendapat perawatan agar bisa berfungsi maksimal. Terkadang klakson juga mendapat beberapa masalah seperti ketika ditekan tombolnya suara klakson tidak menyala atau berbunyi, masalah lainnya klakson bersuara lemah dan tidak seperti biasanya.

Kendala tersebut bisa diatas dengan mengetahui penyebabnya, diantaranya.

Baterai lemah

Baterai atau aki adalah sumber energi untuk bisa membuat komponen kelistrikan berkerja dengan baik. Maka jika baterai dalam kondisi lemah atau rusak maka akan menyebabkan beberapa komponen kelistrikan tidak berfungsi, termasuk salah satunya klakson.

Kendala ini biasa ditandai dengan suara klakson yang lemah dan kecil ketika menekan tombol klakson, bahkan jika baterainya dalam kondisi rusak, klakson sama sekali tidak berfungsi dengan baik. Mengganti aki atau baterai yang baru adalah solusi yang tepat, agar semua komponen kelistrikan termasuk klakson bisa berfungsi kembali dengan baik.

Tombol saklar kotor

Biasanya ditandai dengan suara klakson yang sama sekali tidak menyala ketika ditekan tombolnya, atau menyala tidak normal seperti kadang menyala atau tidak. Penyebabnya bisa karena tombol saklar yang rusak atau terdapat kotoran pada komponen kelistrikan di dalam saklar.

Langkah pertama adalah dengan cara pengecekan bagian dalam saklar, jika terdapat kotoran seperti kotoran yang mengendap atau karat cukup dibersihkan saja, tapi jika dalam kondisi rusak seperti tombol patah atau terlepas, maka cukup mengganti dengan komponen tombol saklar yang baru.

Klakson rusak

Tapi jika tombol pada saklar dalam kondisi baik, baterai pun masih tetap prima penyebab klakson tidak menyala adalah karena komponen klaksonnya yang sudah rusak. Tapi sebelum melakukan diagnosa tersebut, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek bagian soket dan kabel pada komponen klakson.

Kabel putus

Itu karena masalah yang biasanya terdapat pada komponen kelistrikan adalah selain baterai yang soak, bisa juga karena bagian kabel yang terputuhs atau soket yang terlepas. Kabel putus bisa disebabkan beberapa hal, seperti terpotong atau terkena gigigitan hewan pengerat.

Untuk itu, selalu lakukan perawatan berkala pada sepeda motor secara menyeluruh terutama untuk bagian kelistrikan termasuk diantaranya komponen klakson. Lakukan perawatan dan service di bengkel AHASS agar ditangai dengan baik oleh mekanik handal dan terlatih dan gunakan fasilitas booking service untuk menikmati pelayanan bebas antri.