Honda RC213V yang digunakan oleh pembalap Team Repsol Honda memang selalu menarik perhatian, selain livery-nya yang unik dengan kombinasi orange, merah dan putih yang ngejreng dengan logo OneHEART. dan SatuHATI. yang begitu dikenali tapi juga karena motor balap Honda di ajang Motogp ini begitu kompetitif sehingga enggak salah di tangan Marc Marquez bahkan bisa meraih gelar juara dunia Motogp 6 kali berturut-turut.

Musim balap 2023 ini team Repsol Honda memiliki 2 pembalap, dan yang baru adalah Joan Mir yang akan menemani Marc Marquez untuk meraih title World Championship yang kesekian kalinya. Dan tahukah Brosis, jika baik Marc dan Joan merupakan rider yang sudah pernah menyabet gelar juara dunia Motogp, jadinya ada 2 Singa di kandang Box Repsol.

Sama seperti motor lainnya yang ikut berkompetisi Motogp, Honda RC213V juga memiliki spesifikasi mesin 1000cc 4 silinder berkonfigurasi V4 engine. Tenaga puncak motor prototype Honda ini diklaim lebih dari 180 KW atau setara 241 HP. Lebih tinggi dari motor produksi masal pada umumnya di kelas yang sama. Bahkan bobot motor ini hanya 157 kg, lebih ringan dari CBR250RR tuh Brosis.

Spesifikasi Honda RC213V 2023

Panjang keseluruhan (mm) 2052
Lebar keseluruhan (mm) 645
Tinggi keseluruhan (mm) 1.110
Jarak sumbu roda (mm) 1.435
Pembersihan jalan 115
Berat (kg) Sesuai regulasi FIM
Jenis mesin berpendingin cairan, empat langkah, DOHC 4 katup, V-4
Kubikasi mesn 1000 cc
Kekuatan maksimum Lebih dari 180 KW
Jenis bingkai Tabung kembar aluminium
Roda Depan 17 inch
Roda Belakang 17 inch
Suspensi Depan Garpu teleskopik
Suspensi Belakang Tautan pro
Kapasitas tangki bahan bakar  22 Liter

Dan perlu Brosis ketahui jika dalam satu musim, setiap pembalap hanya punya 7 mesin yang mereka gunakan. Dan mesin Honda RC213V ini bukan cuma dibuat untuk kencang tapi juga bisa bertahan selama satu musim yang pada tahun 2023 ini hadir sebanyak 21 putaran.

Yang menarik dari Honda RC213V versi 2023 ini adalah dari bodyworknya yang setiap tahun berubah, yang paling terlihat adalah perubahan winglet dan air scoop atau lubang udara di bagian depan untuk meningkatkan aerodinamis.

Tak hanya itu, Honda RC213V versi 2023 ini juga didukung dengan komponen yang special, seperti frame aluminium twin-spar yang ringan namun memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga, juga meningkatkan keseimbangan dan stabilitas saat menikung yang bertujuan untuk memanfaatkan mesin dan ban Michelin secara maksimal.

Untuk pengereman motor ini menggunakan rem cakram dari karbon dengan kaliper rem dari Brembo, sedangkan untuk suspensi HRC atau Honda Racing Corporation yang merupakan divisi balap Honda Jepang bekerjasama dengan perusahaan suspensi asal Swedia yaitu Ohlins.

Nah, apakah musim ini Honda RC213V akan membawa dua pembalap team Repsol Honda meraih gelar juara dunia untuk kesekian kalinya? Jangan lupa dukung dan saksikan aksi mereka akhir pekan ini ya Brosis!