Tim HRC bersama Japan Post meraih kemenangan di ajang Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance ke-45 bersama Takumi Takahashi, Teppei Nagoe, dan pebalap MotoGP Prancis Johann Zarco. Dengan kemenangan ini, Tim HRC mengamankan kemenangan ketiga berturut-turutnya di Suzuka 8 Hours dan menandai kemenangan ke-30 Honda di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia.

Pada sesi pemanasan yang digelar pada pagi hari, Tim HRC bersama Japan Post menduduki puncak catatan waktu dengan catatan waktu 2:06.336 detik. Balapan pun dimulai pada pukul 11.30 pagi (waktu setempat) dalam kondisi yang sangat panas dan sangat lembab, dengan suhu 37ºC.

Tim HRC bersama Japan Post memulai balapan di posisi ke-3 dengan Takumi Takahashi. Pembalap Jepang yang berpengalaman ini mengawali balapan dengan sangat baik, dan setelah pertarungan ketat di depan, Takahashi yang berada di posisi ketiga, naik ke posisi kedua pada lap ke-10 dan berhasil memimpin balapan di tikungan 130R dengan waktu lap terbaiknya 2:07.378.

Kembali ke pit di akhir tugasnya, Takahashi menyerahkan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP kepada pebalap MotoGP Prancis, Johann Zarco yang memasuki lintasan masih di posisi pertama. Zarco meningkatkan waktunya menjadi 2:07 dan, dengan posisi berkendara yang nyaman, membuka selisih waktu 20,808 detik. Berkat kecepatan tinggi pembalap Prancis itu, saat Tappei Nagoe mengambil alih tugasnya, Tim HRC dengan Japan Post masih memimpin dengan selisih satu putaran setelah dua jam balapan.

Di pertengahan balapan, Tim HRC bersama Japan Post terus menguasai balapan dengan selisih waktu 1:21.322 di depan tim kedua. Memasuki kuartal terakhir perlombaan Coca-Cola Suzuka 8 Hours ke-45, Tim HRC dengan Japan Post terus berada di posisi teratas, dan dengan waktu putaran yang sangat konsisten dan pit stop tercepat, Honda #30 masih mampu mempertahankan selisih keunggulan 36,813 detik.

Meskipun penalti 40 detik diterapkan pada Tim HRC dengan Japan Post karena pelanggaran pitstop, tim Jepang tersebut memiliki margin yang cukup untuk melintasi garis finish di urutan pertama dan berhasil meraih kemenangan.

Sumber : https://suzuka-8h.hondaracingcorporation.com/report/team-hrc-with-japan-post-wins-its-third-consecutive-suzuka-8-hours-victory-marking-hondas-30th-win-in-the-suzuka-8-hours/