Setiap sepeda motor memiliki salah satu komponen yang jumlahnya cukup banyak. Dan komponen tersebut bukan hanya terdapat pada bagian mesin saja tapi juga pada bagian rangka, plastik bodi, lampu sampai ke bagian cover plat nomor. Komponen tersebut adalah baut dan mur.

Pada semua produk sepeda motor Honda baut dan mur menggunakan material yang kuat, anti karat dan juga presisi sehingga jarang terjadi kerusakan. Tapi terkadang karena beberapa faktor baut dan mur ini mendapat masalah dan kerusakan seperti aus, slek, patah dan yang sering terjadi adalah baut dan mur yang susah untuk dibuka.

Penyebabnya biasanya terjadi karena kesalahan pengguna ketika membuka baut menggunakan perkakas seperti kunci atau obeng yang tidak tepat, juga karena jarang dibersihkan dan membiarkan kerak dan kotoran menempel pada komponen tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu berikut ini adalah tips untuk merawat baut dan mur pada sepeda motor.

Selalu gunakan kunci yang tepat

Yang pertama, kerusakan yang terdapat pada baut dan mur adalah menggunakan kunci yang tidak tepat. Seperti tidak sesuai dengan ukuran, menggunakan kunci yang sudah aus atau kunci dengan kualitas buruk atau kesalahan ketika membuka dan mengencangkannya, terutama buat para pemula yang kadang tidak mengetahui kemana arah untuk mengencangkan atau membuka baut sehingga menyebabkan slek pada bagian kepala baut atau mur.

Berikan pelumas

Permasalahan kedua yang sering dihadapi ketika membuka baut adalah baut yang susah dibuka. Bisa dikarenakan karat atau kotoran yang menempel, atau baut yang sudah terlalu lama tidak dibuka. Solusinya adalah gunakan cairan khusus atau penetran untuk melepas baut.

Untuk menghindari gejala baut dan mur susah dibuka di kemudian hari, maka berilah cairan pelumas atau bisa juga gemuk atau grease supaya nantinya lebih mudah untuk memasang dan melepas baut, juga untuk menghindari timbulnya karat.

Jaga kebersihan baut dan mur

Dan yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan baut dan mur, seperti mencuci dan membersihkan secara rutin bagian tersebut. Terlebih lagi saat membuka baut, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang bersih dan aman, selain supaya tidak hilang juga untuk menghindari kotoran yang menempel pada bagian ulir yang biasanya menyebabkan baut susah untuk dipasang atau dilepas nantinya.

Untuk itu supaya terhindar dari masalah yang terjadi pada baut dan mur, disarankan untuk selalu melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motor di bengkel AHASS. Selain karena ditangani oleh mekanik handal dan pengalaman, perkakas yang digunakan juga tentunya menggunakan alat-alat yang canggih dan aman. Sehingga membuat sepeda motor selalu dalam kondisi prima untuk digunakan saat berkendara.