Sudah menjadi hal biasa bagi para Cat Lovers pemilik kendaraan sepeda motor yang bagian joknya menjadi korban cakaran hewan peliharaan kucing kesayangannya.

Hal tersebut memang tidak bisa dihindari karena memang merupakan sifat alami kucing dimana mereka mencari tempat yang nyaman untuk bersantai, dan bagian jok sepeda motor yang nyaman, empuk dan hangat menjadi tempat favoritnya.

Tapi bukan hanya untuk tempat bersantai, jok sepeda motor juga sering kali dijadikan media untuk mencakar yang juga merupakan sifat alamiah kucing untuk mengasah bagian kukunya.

Alhasil, bagi para Cat Lovers menjadi dilema, di satu sisi lebih menyayangi anabulnya dan membiarkan hal tersebut terjadi, tapi harus diketahui jika bekas cakaran kucing bisa membuat bagian kulit jok terkelupas hingga rusak. Hasilnya, jika terkena air hujan atau ketika dicuci, air akan masuk ke dalam busa jok dan membuat tidak nyaman saat dikendarai.

Ada beberapa tips buat brosis para Cat Lovers atau mungkin brosis sering menjadi salah satu korban untuk menjaga jok sepeda motor kesayangan dari cakaran kucing.

Pilih material kulit jok yang halus tidak bertekstur

Kulit jok sepeda motor kebanyakan memiliki tekstur untuk menjaganya supaya tidak licin. Dan material tersebut yang membuat kucing nyaman dan menjadi media untuk mencakar. Solusinya bisa mengganti kulit jok yang lebih halus dan tidak bertekstur yang tidak disukai kucing. 

Gunakan Cover Jok

Ketika disimpan di garasi, atau di parkiran untuk menghindari kucing berdiam di jok sepeda motor dan mencakaranya, bisa gunakan aksesoris cover jok atau penutup jok yang biasanya dijual di market place atau di tempat service jok.

Jika tidak ada, bisa juga menutupnya dengan kain atau media lain untuk menghindari si kucing duduk diatasnya.

Sering Dicuci

Bau wewangian yang biasanya disukai manusia justru sangat tidak disukai hewan peliharaan seperti kucing, Maka seringlah mencuci sepeda motor. Karena bau wangi dari sabun pencuci khusus sepeda motor juga bisa membuat kucing tidak nyaman ketika duduk diatas jok motor. Bisa juga memberikan parfum atau media wewangian lainnya yang tidak disukai kucing peliharaan brosis.