Sepeda motor digunakan untuk beraktifitas sehari-hari baik itu untuk menemani rutinitas pekerjaan atau mengantar penumpang dan tentunya menjadi kebutuhan terutama bagi anggota keluarga. Tapi harus diingat, sepeda motor hanya diperuntukan untuk 2 orang. Satu didepan yang bertugas pengemudi dan satu lagi dibelakang sebagai penumpang.

Baik pengemudi atau penumpang, keduanya memiliki resiko yang sama saat berkendara. Maka sangat disarankan kedunya menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan dan juga sepatu.

Lantas, sering kali kita melihat penumpang terutama kaum wanita yang posisi dibonceng dengan cara menyamping atau istilahnya ngempol. Nah, apakah hal tersebut diperbolehkan?

Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora (DAM) Asep Wawan.menjelaskan jika cara berbonceng dengan cara duduk menyamping masih diperolehkan asal tahu cara berkendara yang aman dan menggunakan perlengkapan berkendara untuk selematan.

"Sebenarnya posisi duduk penumpang yang aman dan ideal adalah menghadap kedepan, tapi duduk menyamping juga masih diperbolehkan dan masih aman bila berkendara dalam kecepatan rendah atau kurang dari 40km/jam" terangnya.

Posisi duduk menyamping penumpang saat berboncengan pastinya memiliki alasan bagi kaum wanita karena memang menjadi suatu kultur budaya apalagi jika mereka menggunakan celana rok atau kebaya karena kebutuhan acara atau menjadi pakaian sehari-hari. Tapi saat berkendara tentunya harus memahami aturan dan cara berkendara yang aman.

"Walaupun menggunakan rok/kebaya alangkah bijaknya bila tidak memakai sanggul terlebih dahulu karena harus menggunakan helm dan jaket saat dibonceng berkendara motor" tambahnya.

Lanjut lagi, untuk berkendara yang aman penumpang yang duduk menyamping juga harus memperhatikan cara duduk yang benar. "Penumpang yang duduk menyamping tentunya tetap memperhatikan 3 riding postur berboncengan yaitu tangan berpegangan pada jaket bagian pinggang pengemudi, salah satu ujung lutut menempel ke pinggul pengemudi dan salah satu kaki bertumpu pada footstep" tutupnya.