Tahukah Brosis jika Team Repsol Honda Motogp kini punya jagoan baru sebagai pendamping Marc Marquez di kejuaraan balap Motogp, dia adalah Joan Mir. Pembalap asal Spanyol yang punya julukan Bocah Ajaib alias Mr. Miraculous.

Apa ada yang belum kenal sama pembalap bernomor start #36 ini? Yuk kita bahas singkat profilnya.

Bernama lengkap Joan Mir Mayrata, pembalap yang menjadi juara dunia Motogp 2020 ini lahir di Palma de Mallorca, Spanyol pada tanggal 1 September 1997. Bakat Mir sudah terlihat sejak berusia 6 tahun.

Mir muda memulai debut balapnya di tahun 2013 dengan mengikuti kejuaraan balap Red Bull MotoGP Rookies Cup. Dan dua tahun kemudian ikut kejuaraan balap Eropa yakni CEV FIM CEV Moto3 Junior World Championship yang kemudian ikut kejuaraan balap Moto3 Worldchampionship sebagai pengganti.

Dari sanalah talenta muda bocah Spanyol ini mulai terlihat dan di tahun 2016 ikut kejuraan balap Moto3 selama semusim penuh hingga akhirnya di tahun 2017, Mir yang memiliki tinggi badan 181 Kg ini berhasil mendapat titel juara dunia pertamanya di kelas Moto3.

Titel tersebut membuat karir Joan Mir makin menanjak dan ikut kejuaraan Moto2 pada tahun 2018. Bahkan di tahun berikutnya yakni tahun 2019, Mir pun naik kelas ke kejuaraan paling bergengsi, Motogp.

Tahun 2020 menjadi tahun pencapaian terbaik bagi pembalap dengan berat badan 69 kg ini karena berhasil menyabet titel juara dunia Motogp. hingga akhirnya HRC melihat potensi sang pembalap muda ini untuk bisa membawa motor Honda RC213V menjadi juara.

Dan pada Motogp musim 2023 ini, Joan Mir telah bergabung dengan team Repsol Honda dan akan disandingkan dengan Marc Marquez. Dua Juara Dunia ada di team yang hebat nih brosis.

Jadi, bisakah Joan Mir merebut kembali tital juara dunia musim ini? Ayo dukung terus pembalap Honda di kejuaraan balap Motogp.