Memasuki musim hujan membuat di beberapa titik jalanan kondisinya menjadi rusak sehingga sering kali pengendara menemukan beberapa genangan air dan juga jalan berlubang. Ada dua pilihan yang dihadapkan pengendara sepeda motor, antara melewati lubang tersebut atau juga jika memungkinankan bisa menghindarinya dengan memperhatikan kondisi sekitar.

Berikut ini ada beberapa tips buat para pengendara yang sering melewati jalanan rusak atau berlubang

Selalu Fokus dan Berkonsentrasi

Sangat disarankan untuk tidak mendengarkan musik atau menerima panggilan melalui head set atau yang lainnya saat berkendara, karena menjadi penyebab hilangnya konsentrasi. Karena ketika kita sedang berkendara, fokus dan berkonsentrasi terhadap jalanan yang kita lewati adalah suatu keharusan sehingga bisa lebih waspada dan selalu bisa mengantisipasi keadaan.

Disarankan juga untuk menurangi kecepatan ketika melewati jalanan rusak, untuk menghindari benturan keras dan meminimalisir efek kerusakan pada bagian ban, pelek dan juga suspensi kendaraan yang kita kemudikan.

Perhatikan Kedalaman Lubang

Jika dihadapkan langsung dengan jalanan berlubang, sebisa mungkin kita harus menghindarinya. Namun jangan melakukan manuver secara mendadak. Tapi seandainya diharuskan melewatinya kita harus mengetahui kedalaman lubang tersebut. Apakah aman dengan ketinggian ground clearance kendaraan. Bisa juga memilih area lubang yang tidak terlalu dalam dan aman dilalui.

Hindari juga kondisi pinggiran tajam jalanan berlubang yang berpotensi merusak bagian samping ban kendaraan yang kita kemudikan, karena ketebalan dinding di bagian samping ban sepeda motor berbeda dengan bagian bawahnya sehingga rawan terkena goresan.

Menjaga Jarak

Untuk menghindari kondisi jalanan rusak seperti jalanan berlubang, kita harus menjaga jarak baik dengan kendaraan di depan maupun d ibelakang. Tujuannya untuk memberikan jarak pengereman dan menghindari kondisi tabrakan beruntun.

Perhatikan kendaraan sekitar

Jika dalam kondisi jalanan yang padat atau dalam kondisi kemacetan dan kita tidak memungkinkan melewati kendaraan di depan. Kita bisa ikuti jalur yang dilewati kendaraan didepan, tapi dengan menjaga jarak aman. Usahakan tidak berada tepat di tengah badan kendaraan jika yang di depan adalah kendaraan roda empat. Tapi berada di samping kiri dan kanan mengikuti arah ban. Karena biasanya mereka lebih dahulu mengetahui kondisi jalan dan memilih yang aman dilewati.

Dan ketika bermanuver untuk menghindari jalan berlubang, perhatikan kendaraan disamping kiri, kanan dan di belakang atau bisa juga dari arah berlawanan, karena biasanya pengendara lain juga melakukan hal sama ketika memilih kondisi jalan yang aman dilewati.