Setelah sebelumnya kita bahas Riding Mode dan Throttle By Wire, Ada satu lagi keunggulan Honda CBR250RR terbaru yang hadir untuk memanjakan para konsumen sepeda motor yang menyukai kecepatan. Karena sekarang motor sport bermesin 250cc 2 silinder Honda ini sudah dilengkapi fitur canggih yaitu Quick Shifter.

Sebelumnya, fitur ini hanya terdapat pada produk Bigbike atau Moge, Motor balap dan juga menjadi keunggulan pada motor balap MotoGP. Tapi sekarang, fitur ini sudah ditanamkan di motor sport 250cc. Dan Honda CBR250RR varian terbaru salah satunya.

Fitur Quick Shifter beguna untuk mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling. Fitur yang sangat identik dengan motor balap ini memberikan kebanggan bagi penggunanya layaknya menunggangi motor balap MotoGP. Dengan Quick Shifter ini, pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.

Cara kerja Quick Shifter adalah ketika ECM akan membaca kecepatan kendaraan, rpm mesin, dan posisi gigi sebagai parameter untuk mengontrol torsi mesin dengan mengendalikan bukaan throttle valve, waktu pengapian, dan waktu penyemprotan bahan bakar. 

Tapi Quick Shifter ini tidak selalu aktif saat dikendarai. Karena fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Riding Mode di bagian saklar kiri. Tahapannya pun harus dilakukan saat sepeda motor dalam kondisi  berhenti atau sebelum dinyalakan. Kemudian putar kunci ke posisi on, lalu tekan tahan tombol "MODE" dibagian saklar kiri hingga indikator QS di panel speedometer berkedip. Selanjutnya tekan tombol "MODE" lagi untuk memilih 4 mode Quick Shifter yang diinginkan.

Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan pada New CBR250RR, yaitu mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off. Semua mode Quick Shifter yang dihadirkan dapat mengikuti keinginan berkendara sesuai dengan DNA Total Control yang diusungnya.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur Quick Shifter ini, pertama tetap harus menekan tuas kopling ketika melakukan perpindahan gigi awal atau gigi 1. Hal ini juga berlaku saat Anda ingin menetralkan transmisi.  Quick Shifter di Honda CBR250RR SP QS ini juga baru berfungsi apabila kecepatan mesin berada di atas 1.500 rpm. Quick Shifter juga tidak bekerja jika Anda menarik tuas kopling.  Sedangkan untuk mematikan fitur Quick Shifter adalah dengan menekan dan menahan tombol MODE atau matikan mesin dengan posisi ignition OFF.