Kursi jok sepeda motor berfungsi untuk menopang tubuh pengendara dan penumpang ketika duduk ketika mengendarai sepeda motor. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan fungsi sepeda motor, pada umumnya terdapat ruang bagasi dan juga tangki bahan bakar dibawah kursi jok sepeda motor. Posisinya terlindung berkat kursi jok yang terkunci rapat sehingga lebih aman dan berkendara menjadi lebih nyaman.

Terdapat 3 jenis kunci pembuka jok yang sangat umum digunakan pada produk sepeda motor, diantaranya.

Kunci jok terpisah (Konvensional)

Biasanya, kunci jok terpisah terdapat pada sepeda motor jenis motor sport atau sepeda motor jenis bebek model lawas. Sehingga sepeda motor jenis ini memiliki dua posisi lubang kunci, yang pertama berada di depan yang menyatu dengan kunci kontak, sedangkan untuk membuka kursi jok, penggunanya harus memasukan anak kunci ke lubang kunci yang letaknya berada di belakang, seperti dibawah jok atau berada tepat di spakbor belakang.

Kunci jok menyatu dengan kunci kontak (model Secure Key Shuttered)

Kunci kursi jok jenis ini tentunya memberikan kemudahan bagi pengguna sepeda motor, karena penggunanya tidak perlu mencabut anak kunci ketika hendak membuka kursi jok, karena kunci pembukanya menyatu dengan kunci kontak.

Penggunanya cukup memutar kunci kontak, kemudian arahkan pada posisi "Seat" untuk membuka kursi jok, setelah itu tekan tombol yang berada tepat di samping kanan kunci kontak, maka secara otomatis kursi jok terbuka. Tak hanya itu, Kunci model Secure Key Shutterd ini juga lebih aman karena terdapat lubang kunci yang bisa menutup secara otomatis seketika anak kunci tercabut dari rumah kunci.

Kunci jok jenis ini bisa ditemui di semua varian skutik 110cc dan juga motor bebek seperti New Honda Supra X125 dan Honda Revo series.

Kunci jok menyatu dengan kunci kontak (model Smart Key System)

Smart Key System merupakan inovasi dari Honda untuk memberikan perlindungan maksimal dari segi keamanan. Fitur ini bisa mengurangi resiko tindakan pencurian, karena tanpa adanya lubang kunci konvensional digantikan remot untuk mengaktifkan sepeda motor dan mekanisme knob sebagai kunci kontak, sekaligus untuk membuka kunci stang dan juga kursi jok.

Mekanismenya mirip dengan kunci jok pada kunci model kunci Secure Key Shuttered dimana penggunanya tidak perlu membuka anak kunci untuk membuka kursi jok, melainkan cukup memutar knob, kemudian arahkan knob pada posisi untuk membuka kursi jok, setelah itu tekan tombol yang berada tepat di samping kanan knob, maka secara otomatis kursi jok terbuka.

Kursi jok sepeda motor terkadang terdapat beberapa kendala yang sebenarnya sangat jarang terjadi, diantaranya seperti kursi jok yang tidak dapat dibuka, atau sebaliknya mengalami kesulitan ketika hendak menutupnya. Penyebabnya yang sangat umum terjadi adalah karena rumah kunci yang kotor akibat karat atau kotoran, atau dibagian engsel atau hook pengait kursi jok yang mengalami kerusakan.

Untuk mencegahnya selalu periksa dan memberikan perawatan rutin pada rumah kunci ataupun pada bagian hook pengait kursi jok. seperti lakukan pembersihkan di bagian komponen tersebut secara rutin dan jangan lupa untuk pemberian cairan penetran atau pelumas pada lubang kunci dan juga pada bagian engsel dan pengait kursi jok.

Lakukan perawatan dan service sepeda motor di bengkel AHASS terdekat, Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung untuk layanan bebas antri.