Menjadi salah satu model skutik terlaris di Indonesia, Honda Vario 125 ternyata sudah memasuki usia lebih dari satu dekade. Tercatat, dari mulai debutnya di tahun 2012 lalu hingga di tahun 2023 ini sudah ada 4 generasi Honda Vario 125cc series di Indonesia.

Masih mempertahankan konsep skutik bergaya sporty tapi tetap praktis dan fungsional, Vario 125 juga masih konsisten memanjakan konsumennya dengan fitur-fitur modern dan kekinian. Didukung juga dengan mesin 125cc berpendingin cairan yang  berperforma tinggi yang selalu dilengkapi dengan teknologi terbaru yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk itu, ketahui milestone atau perjalanan 4 generasi Vario 125 yang dijual di Indonesia, diantaranya :

1. Honda Vario 125 FI (2012 - 2015)

Tuntutan jaman, membuat Honda terus mengembangkan produknya. Vario generasi ke-3 upgrade mesin dari 110 menjadi 125cc dan sudah injekasi. Gak sulit buat Honda, karena mesin yang digunakan di model ini adalah turunan dari PCX125 yang sudah ada sebelumnya.

Fitur unggulan di PCX pun diturunkan ke skutik yang punya julukan “Vario Wan Two Five(WTF)” ini, diantaranya teknologi ACG starter, panel speedometer kombinasi analog dan digital dan juga Idling Stop System. Desainnya pun berubah menjadi lebih besar dan masih mempertahankan dual lampu depan yang menjadi ciri khas Vario sejak pertama hadir.

2. New Honda Vario 125 eSP (2015 - 2018)

Vario 125 generasi kedua tampil dengan desain yang lebih modern, lebih tajam dan juga sporty. Lampu depannya lebih futuristik karena sudah pakai LED, Menggunakan mesin baru 125cc eSP yang lebih efisien dan irit bahan bakar. Fiturnya selain menggunakan panel meter kombinasi analog dan digital juga tersedia dalam dua versi, diantaranya versi Idling Stop System atau ISS dan tanpa ISS.

3. All New Vario 125 eSP (2018 - 2021)

Perubahan yang terdapat pada Vario 125 generasi ketiga diantaranya panel meter yang sudah full LCD digital dengan beragam informasi yang ditampilkan menjadi lebih lengkap dan semakin memanjakan konsumennya. Desain yang lebih sporty terutama di bagian spakbor belakang menggantung ala motor sport dan juga penggunaan lampu serba LED baik lampu utama dibagian depan, lampu sein, DRL hingga lampu rem.

4. Honda Vario 125 SP (2022 sampai sekarang)

Di luncurkan September tahun 2022 lalu, Honda Vario 125 hadir dengan fitur yang lebih canggih dan modern. Beberapa fitur canggih yang biasanya diterapkan pada skutik premium kini dibenamkan pada satu-satunya produk skutik Honda ini.

Diantaranya panel meter full LCD digital, Honda Smartkey System dengan remote yang membuatnya semakin berkelas. Tak ketinggalan USB Socket Charger yang menjadi fitur wajib di skutik masa kini untuk mobilitas sehari-hari para penggunanya.

Untuk membuatnya tampil sporty kini hadir dengan penggunaan wavy disc brake dan juga ban tapak yang lebih lebar serta desain velg baru yang lebih terlihat eye cathching. Bahkan untuk varian tertinggi yaitu Honda Vario 125 SP hadir dengan pilihan warna yang ekslusif serta penggunaan warna velg Burnt Titatium yang menjadi trend terbaru produk Honda.

Nah, kira-kira Vario mana yang brosis miliki saat ini? Tentunya akan selalu bikin bangga penggunanya terutama jika dijadikan teman untuk aktifitas sehari-hari.