Oli transmisi atau gardan pada motor matic berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Berbeda dengan oli mesin, interval waktu penggantian oli transmisi lebih lama dibanding oli mesin sehingga tak heran jika oli transmisi sering terlupakan untuk diganti dengan yang baru setelah mencapai batas waktu pakainya. 

Oli transmisi merupakan komponen penting dalam sepeda motor matic untuk melumasi system transmisi otomatis dan melancarkan kinerja roda gigi transmisi atau final drive pada sistem transmisi otomatis. 

Seiring waktu pemakaian, oli ini akan mengalami perubahan viskositas atau tingkat kekentalannya sehingga perlu diganti untuk menjaga performa yang seharusnya. Jika oli transmisi tidak diganti secara berkala, maka roda gigi transmisi atau final drive pada sistem transmisi bisa rusak. Salah satu indikasinya adalah terdengar suara berisik pada bagian box CVT  

Untuk menjaga dan memperpanjang umur sistem transimisi, diberikanlah pelumas dengan spesifikasi sesuai anjuran pabrikan sehingga mampu bekerja membantu pendinginan dan mengangkat gram-gram logam yang dapat merusak komponen dalam sistem transmisi. 

Ganti lah Oli Transmisi setiap 8,000 km atau 1 tahun untuk menjaga agar system transmisi sepeda motor matic tetap prima. 

Ada dua jenis oli transmisi Honda, yaitu : 

  1. Transmission Gear Oil: Oli khusus transmisi yang memiliki tingkat gesek rendah. Mampu melumasi celah tersempit pada gear transmisi. Memiliki formulasi yang mampu menahan tekanan kerja & temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan sehingga perpindahan gigi otomatis tetap lembut dan lancer.
  2. Transmission Gear Oil (Fully Synthetic): Oil khusus transmisi berjenis berbahan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda. Memberikan kelebihan stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin atau pun panas. 

 Agar system transmisi motor matic selalu dalam kondisi prima, lakukanlah memeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan Servis Pasti dari yang Ahli. Gantilah oli transmisi dengan prouk asli Honda. 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/kesehatan-transisi-motor-matic-rahasia-di-balik-performa-optimal-motor-anda