Setiap kendaraan termasuk sepeda motor yang menggunakan mesin pembakaran Internal Combustion Engine (ICE) tentunya memiliki tangki untuk menampung cairan bahan bakar. Pada bagian tersebut terdapat salah satu komponen yang cukup penting, komponen tersebut adalah fuel cap atau yang lebih dikenal dengan nama tutup tangki bensin.

Untuk sepeda motor memiliki posisi tangki yang berbeda-beda, menyesuiakan desain dan jenis pada setiap sepeda motor. Seperti sepeda motor jenis skuter matic(skutik) dan motor bebek yang pada umumnya berada di bawah kursi jok pengemudi, ada pula yang berada di area deka bagian tengah sepeda motor dan untuk jenis sepeda motor sport adalah berada di depan antara stang kemudi dan kursi pengemudi.

Fungsi fuel cap atau tutup tangki bensi pada sepeda motor, tentunya bukan hanya sebagai penutup lubang tangki saja. Tapi memiliki beragam fungsi lainnya sehingga membuat komponen tersebut sangat penting dan perlu mendapat perawatan. Diantaranya.

1. Menutup dan menahan tumpahan bahan bakar

Fungsi utama tutup tangki bensin sepeda motor adalah untuk menutup lubang tangki agar cairan bahan bakar tidak mudak keluar atau tumpah. Cairan bahan bakar adalah salah satu cairan yang mudah terbakar jika terkena panas atau percikan api, maka tutup tangki harus tertutup dan terkunci rapat agar tidak menyebabkan potensi berbahaya.

2. Mencegah kontaminasi

Selain mencegah bahan bakar tumpah keluar tangki, tutup tangki bensin juga mencegah cairan, kotoran atau zat lainnya masuk kedalam tangki. Seperti air hujan atau air bekas mencuci sepeda motor, kotoran seperti debu dan lumpur serta zat lainnya yang dapat berpotensi menimbulkan karat atau kontaminasi pada cairan bahan bakar sehingga menggangu proses kinerja pembakaran pada mesin.

3. Mencegah penguapan

Bahan bakar yang digunakan pada sepeda motor merupakan cairan yang sangat mudah sekali menguap. Maka dari itu, Tutup tangki berperan untuk mengurangi penguapan bahan bakar, sehingga bahan bakar tidak cepat habis. Ini membantu efisiensi penggunaan bahan bakar pada sepeda motor.

4. Sirkulasi udara

Jika Brosis perhatikan, pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk menciptakan alur sirkulasi udara. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya kevakuman pada tangki. Jika tangki bahan bakar mengalami vakum, aliran bahan bakar dapat terhambat, mengakibatkan gangguan pada proses pembakaran. Pengecekan rutin pada lubang pernapasan tutup tangki penting untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang menyumbatnya.

Maka dari itu, tutup tangki bensin pada sepeda motor adalah salah satu bagian penting pada sepeda motor. Menjaga dan merawat tutup tangki juga menjadi salah satu upaya agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan lebih efisien karena kualitas bahan bakar yang selalu terjaga dengan baik.

Selalu lakukan perawatan dan pengecekan tutup tangki bensin sepeda motor secara berkala. Lakukan service dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung untuk layanan bebas antri.