Spion pada sepeda motor tentunya bukan hanya mendukung estetika desain tapi juga memiliki fungsi dimana menjadi media refleksi kaca cermin untuk melihat kondisi sekitar yaitu bagian samping dan belakang sepeda motor.

Namun spion sepeda motor tidak bergerak aktif, melaikan pasif sehingga untuk berada di posisi ideal posisi spion harus diatur dengan tepat sehingga bisa menampilkan pandangan visual dengan baik ketika dilihat dan digunakan saat berkendara.

Dan berikut ini ada tips untuk mengatur posisi kaca sepeda motor supaya terlihat dengan baik oleh pengendara saat digunakan, diantaranya.

Pertama yang harus dilakukan adalah mengukur sudut kaca spion, caranya dengan duduk tegak di atas sepeda motor gunakan bahu sebagai patokan dan atur supaya kaca spion sedikit terbuka ke arah luar. Pastikan jalan dan langit nampak jelas dan sudut pandangnya lebar.

Bisa dengan melakukan perbandingan dimana sepertiga bagian kaca spion terlihat area langit atau bagian atas, dan sisanya bisa menampakan jelas bagian jalan atau kondisi dibagian belakang sepeda motor.

Cara mengaturnya cukup mudah, yaitu dengan mengatur sudut dan arah cermin kedepan atau kebelakang, juga bisa keatas dan kebawahnya dengan tepat karena kaca spion bisa diatur dengan mudah secara fleksibel.

Setelah mencapai posisi ideal kaca spion, selanjutnya atur kekencangan kaca spion diantaranya bagian punggung kaca menggunakan obeng karena memiliki skrup untuk mengatur kekencangannya. Sedangkan untuk batang spion harus menggunakan kunci pas yang letak mur-nya berada diatas handle bar sepeda motor.

Harus diperhatikan juga, untuk mejaga spion tetap dalam posisi yang tepat maka hindari penggunaan kaca spion sebagai media penyimpan helm ketika parkir. Karena selain merubah posisi spion juga dapat merusak komponen spion.

Menyimpan helm sangat disarankan untuk dilekatakan di bagasi atau di gantung di media gantungan helm yang sudah tersedia pada unit sepeda motor, Selain itu, untuk mejaga kaca spion tetap bisa menampilkan pantulan dengan baik dan jelas selalu bersihkan area kaca cermin menggunakan lap bersih dan jangan lupa untuk ikut diberishkan saat mencuci sepeda motor.

Perlu diingat pula jika spion sepeda motor juga perangkat wajib yang digunakan saat berkendara. Sehingga jika perangkat tersebut tidak digunakan atau tidak lengkap maka merupakan sebuah pelanggaran. Tentunya karena spion menjadi perangkat untuk mendukung keselamatan dan keamanan saat berkendara.