Oli mesin jadi bagian paling penting pada sepeda motor sehingga ganti oli mesin menjadi wajib dan dilakukan secara teratur dan berkala.

Penggantian oli mesin secara teratur membuat komponen di dalam bagian mesin tetap terjaga sehingga jika telat ganti oli efeknya terhadap sepeda motor membuat kinerja mesin tidak optimal dan menjadi salah satu penyebab kerusakan. Tentunya menjadi hal yang ditakukan para pengguna sepeda motor.

Masalah yang sering dihadapi para pengguna sepeda motor adalah seringnya lupa untuk mengganti oli. Entah itu karena kesibukan pekerjaan, atau juga lupa kapan terakhir melakukan pergantian. Jadi jangan tunggu performa mesin menurun atau mesin mengalami kendala. Untuk itu berikut ini tips biar tidak lupa untuk ganti oli sepeda motor..

Catat Waktu Mengganti Oli

Para pengguna sepeda motor Honda di sarakan untuk mengikuti jadwal pergantian oli secara berkala di buku service, Sebaiknya mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari).

Nah, ketika melakukan ganti oli kalian bisa mencatat tanggal dan mengukur jumlah kilometer sepeda motor. Bisa mencatatnya di notes di gadget atau juga di kalender. Bisa juga dengan mengambil gambar tampilan odometer menggunakan kamera ponsel dan menyimpannya di galeri. Sehingga 2 bulan kemudian atau jika kita hitung sudah mencapai 2000 kilometer maka menjadi penanda jadwal ganti oli berikutnya.

Periksa Kondisi Oli

Selain mencatat waktu pergantian oli, kita juga harus memeriksa kondisi oli. Kinerja mesin menyebabkan penguapan oli dan membuat volumenya berkurang. Periksa ketinggian melalui dipstick, jika volume oli berkurang atau kondisinya berubah menjadi lebih pekat atau terdapat serpihan halus besi maka sudah waktunya melakukan ganti oli.

Jangan Tunggu Performa Mesin Menurun

Sering kali dikarenakan karena kita lupa melakukan ganti oli, salah satu indikator pengguna sepeda motor untuk melakukan ganti oli motor adalah ketika dirasa performa mesin menurun dan terjadi masalah. Maka inilah yang harus dihindari sehingga Jika sudah jadwalnya ganti oli, maka segeralah ganti oli sepeda motor jangan tunggu motornya dirasa gak enak atau performa mesin menurun untuk menghindari kerusakan.

Manfaatkan Fitur Oil Change Indicator

Hampir semua produk terbaru sepeda motor Honda sudah dilengkapi dengan fitur notifikasi Oil Change Indicator di panel meternya, sehingga memudahkan penggunanya untuk mengetahui jadwal penggantian oli secara tepat.

Gunakan Aplikasi Daya Auto

Memanfaatkan teknologi, para pengguna sepeda motor khususnya yang berada di area Jawa Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Gorontalo. bisa menggunakan aplikasi Daya Auto untuk melakukan Booking Service dan juga bisa memberikan notifikasi reminder service selanjutnya. Cocok buat yang sering lupa ganti oli atau juga jadwal service.