Tampilan warna chrome digunakan pada sepeda motor untuk menambah kesan elegan, mewah dan premium. Biasanya digunakan pada beberapa part aksesories sebagai modifikasi, tapi ada juga yang digunakan sebagai spare part bawaan, seperti pada model New Honda Stylo 160, dibagian cover headlamp dan beberapa detail lainnya diberi tambahan aksen chrome untuk menambah kesan retro.

Warna chrome memiliki karakteristik tampilan yang mengkilap dan bisa memantulkan cahaya seperti cermin. Jika dulu warna chrome terdapat pada komponen yang terbuat dari logam, tapi di model sepeda motor terbaru warna chrome diaplikasikan pada komponen berbahan dasar plastik dan lainnya.

Tapi untuk menjaga tampilannya tetap awet dan terhindar dari gejala kusam atau pudar, tampilan komponen pada sepeda motor yang berwarna chrome tentunya harus mendapatkan perawatan sesuai dengan bahan dasar komponen tersebut, diantaranya.

Warna chrome pada komponen berbahan dasar logam

Tampilan warna chrome pada komponen berbahan dasar logam biasanya ada yang merupakan lapisan chromium ada juga yang merupakan lapisan cat. Bahkan di beberapa produk lawas ada yang menggunakan material berbahan dasar stainless steel yang lebih tahan lama. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, dimana yang cuma dilapis cat memiliki tampilan yang mirip stainless tapi biasanya tidak tahan lama dan rawan pudar.

Pada umumnya komponen berbahan dasar logam yang dilapis chrom terdapat pada knalpot, velg jari-jari, batang spion, setang kemudi dan juga spakbor.

Perawatannya cukup mudah dengan menjaga kebersihannya dan juga hindari bahan yang bersifat korosif dan abrasif, dan juga selalu menjaganya dari air laut yang berpotensi menyebabkan karat, terutama bagi pengguna yang berada di daerah pesisir pantai.

Warna chrome pada komponen berbahan dasar plastik

Komponen berbahan dasar plastik dengan tampilan chrome biasanya diberi lapisan cat. Untuk menjaganya tetap awet dan mengkilap, sama seperti komponen lainnya yaitu dengan menjaganya tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel.

Kendala yang biasanya dialami adalah warna chrome yang pudar dan terkikis di bagian lapisan catnya. Untuk itu selalu gunakan lap halus atau kanebo ketika membersihkannya setelah mencuci dengan air sabun. Dan juga hindari terpapar sinar matahari secara langsung ketika parkir di tempat terbuka, caranya dengan menutupnya dengan kain atau cover khusus sepeda motor, atau bisa juga mencari lokasi parkir yang aman dan tertutup.

Tampilan warna chrome juga yang berupa lapisan tempelan seperti skotlet atau stiker. Tapi lapisan tempelan seperti ini tidak tahan lama, cepat pudar dan juga tampilannya tidak sekinclong dan secerah lapisan cat warna chrome. Biasanya digunakan sebagai aksesoris untuk meningkatkan tampilan sebagai media modifikasi.