Setiap kendaraan baik itu roda dua atau lebih tentunya memiliki panel instrumen yang didalamnya terdapat panel speedometer.  Jika diperhatikan lebih detail, Baik pada panel speedometer yang menggunakan model analog dan digital biasanya terdapat tulisan Kmh (Kilometers per Hours) sebagai satuan jarak yang bisa ditempuh dalam jangka waktu satu jam untuk menghitung kecepatan kendaraan.

Satuan Kmh umum digunakan di semua jenis kendaraan sebagai standar penghitung kecepatan kendaraan. Tapi tahukah Brosis, jika di negara lain ada juga kendaraan yang tidak menggunakan satuan Kmh, Melainkan menggunakan satuan Miles per Hours (Mph).

Negara tersebut diantaranya Britania Raya atau Inggris, Amerika Serikat serta beberapa negara lainnya yang mencakup 9 persen populasi negara di dunia. Sedangkan sisanya dominan menggunakan satuan Kmh sebagai ukuran standar global untuk menghitung kecepatan kendaraan.

Sumber gambar : rhinocarhire.com

Kedua satuan kecepatan tersebut tentunya memiliki satuan jarak yang berbeda. Jika KMH menggunakan satuan metrik dimana jumlah jarak satuan kilometer (1000 meter) yang ditempuh dalam kurun waktu jam. Sedangkan untuk mengitung waktu tempuh menggunakan satuan yang disebut Imperial (Miles).

Perbandingannya, 1 Miles sama dengan 1,609 Km. Bisa juga dibulatkan menjadi 1 Miles sama dengan 1,6 Km. Jadi misalkan kita menggunakan standar kecepatan 100 Kmh maka sama dengan hanya 62 Mph dalam satuan Imperial.

Perbedaan tersebut membuat beberapa produk kendaraan khususnya sepeda motor berbeda detail spesifikasi di masing-masing negara yang menggunakan satuan kecepatan berbeda. Maka jangan heran, jika produk yang dijual di satu negara akan berbeda dengan negara lainnya dari segi spesifikasi, walaupun dari tampak desainnya masih sama.

Nah, Bicara soal panel speedometer sepeda motor, Jangan lupa untuk selalu merawan komponen tersebut agar selalu awet dan berfungsi optimal. Lakukan perawatan dan servis rutin di bengkel AHASS. Gunakan layanan booking servis untuk layanan servis sepeda motor yang bebas antri.