Agar sepeda motor tetap prima sehingga nyaman digunakan sebagai teman berkendara sehari-hari, maka perawatan sepeda motor adalah hal yang paling penting. Perawatan yang paling mudah adalah dengan menjaga sepeda motor tetap bersih, sehingga terhindar dari potensi gejala beragam macam kerusakan.

Menjaga sepeda motor tetap bersih adalah dengan mencuci dan membersihkan serta memeriksa bagian detail sepeda motor secara rutin. Sabun atau cairan pembersih yang digunakan juga jangan asal-asalan. Terdapat beberapa treatment khusus untuk perawatan sepeda motor, salah satunya dengan menggunakan sabun khusus pencuci sepeda motor yang memiliki kandungan yang aman baik bagi cat maupun komponen lainnya pada sepeda motor.

Namun sering kali pengendara menggunakan beberapa alternatif yang lebih murah dan lebih murah ketika melakukan perawatan sepeda motor. Hal tersebut memang tidak dilarang, selama cairan atau apapun treathmentnya aman dan tidak merusak bagian sepeda motor.

Tapi, untuk menjaga agar sepeda motor tetap aman, ada beberapa cairan atau treathment yang sering kali digunakan dan sebaiknya dihindari karena berpotensi memiliki bahan berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada bagian sepeda motor, diantaranya.

  1. Sabun detergent

Beberapa produk sabun seperti sabun colek atau sabun serbuk yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari memiliki kandungan detergent yang memang sangat ampuh untuk membersihkan alat-alat rumah tangga, termasuk juga digunakan ketika mencuci sepeda motor.

Tapi sebaiknya penggunaan sabun detergent untuk mencuci sepeda motor dihindari, Karena memiliki kandungan yang justru berpotensi merusak cat. Sehingga jangan heran, jika sering kali terdapat cat bodi motor yang tampilannya menjadi kusam atau warnanya yang pudar, gejala tersebut terindikasi salah satunya karena penggunaan sabun tersebut.

2. Cairan pencuci piring

Sama seperti sabun detergent, Cairan pencuci piring yang sangat umum memiliki warna hijau ini juga dihindari. Cairan tersebut memang ampuh dan efektif untuk membersihkan beragam macam kotoran pada sepeda motor. Tapi jika digunakan dalam jangka panjang, kandungan asam pada cairan pencuci piring berpotensi merusak bagian cat sepeda motor.

3. Cairan pembersih lantai

Closet atau keramik lantai toilet yang kotor atau berkerak, akan sangat mudah rontok jika menggunakan cairan pembersih toilet. Begitu pun dengan kerak yang membandel di bagian bawah mesin atau kolong spakbor sepeda motor.

Namun kandungan pada pembersih lantai biasanya memiliki kandungan yang bersifat korosif, dimana jika digunakan pada komponen sepeda motor yang menggunakan bahan logam seperti besi atau alumunium akan menimbulkan karat yang berpotensi merusak bagian tersebut jika digunakan dalam jangka panjang.

3. Bensin atau solar

Cara efektif untuk membersihkan bagian kotor yang mengerak dibagian bawah mesin adalah menggunakan cairan bahan bakar seperti bensin atau solar. Cara tersebut sangat umum digunakan dan menjadi tradisi turun temurun, dan seringkali dipraktekan oleh bengkel umum.

Namun, penggunaan cairan bensin atau solar sebaiknya dihindari karena dapat merusak komponen yang terbuat dari bahan karet seperti seal, gasket, packing atau beberapa komponen yang secara kimiawi dapat rusak jika terkena cairan bahan bakar.

Untuk membersihkan bagian bawah mesin atau komponen lainnya yang terdapat kerak kotoran yang membandel, Gunakan produk engine degreaser atau cairan khusus sebagai treatment dan perawatan sepeda motor sehingga tidak merusak komponen dan aman digunakan.

Lakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin dan berkala di bengkel AHASS agar ditangani oleh mekanik handal dan terlatih. Gunakan layanan booking service melalui aplikasi Daya-auto untuk pelayanan service yang lebih mudah dan bebas antri.