Pada bagian sepeda motor terdapat plastik warna hitam bertekstur kasar yang biasanya sering mengalami perubahan warna atau kusam seiring berjalannya waktu, seperti area dek, spakbor belakang, area kolong body belakang, cover batok headlamp dan area body samping bagian bawah.

Ada beberapa faktor penyebab bagian warna hitam pada body sepeda motor mengalami masalah tersebut, diantaranya karena faktor cuaca, faktor bahan cairan kimia yang bersifat korosif dan juga karena memang area tersebut rawan tergores dan bersentuhan dengan benda lainnya.

Tapi ada beberapa cara untuk merawat bagian tersebut, diantaranya.

Terlindung dari cuaca

Faktor cuaca adalah salah satu penyebab bagian plastik body warna hitam sepeda motor cepat pudar dan kusam. Pertama karena motor sering terkena air hujan sekaligus terpapar terik matahari secara langsung dan dibiarkan kebiasaan tersebut dalam jangka waktu lama dan terus menerus.

Untuk menjaga tetap dalam kondisi seperti baru adalah dengan cara mencari posisi parkir yang aman dan terlindung dari cuaca, seperti tempat parkir indoor, area parkir di basement atau jika terpaksa melakukan parkir di tempat terbuka usahakan untuk menutupnya dengan cover supaya bagian body plastik warna hitam pada sepeda motor bisa terlindung.

Mencuci dengan cairan yang salah

Mencuci sepeda kotor diusahakan menggunakan sampo atau cairan khusus untuk sepeda motor karena memiliki bahan yang aman untuk perlindungan body sepeda motor yang rata-rata terbuat dari bahan baku plastik.

Beberapa cairan lainnya banyak yang terbuat dari bahan baku yang bersifat korosif dan berpotensi merusak plastik, seperti detergent atau pencuci porslen, atau cairan pencuci lainnya yang memang bukan diperuntukan untuk mencuci sepeda motor.

Sering tergores

Bagian plastik hitam pada sepeda motor digunakan karena bagian tersebut sering terkena sentuhan benda lain atau mengalami goresan. Seperti area spakbor yang pastinya akan sering terkena cipratan lumpur atau air hujan, atau area dek yang memang bersentuhan langsung dengan sepatu karena merupakan tempat pijakan kaki pengendara.

Maka jangan heran jika bagian tersebut lebih sering mengalami masalah tersebut dibanding bagian lainnya pada sepeda motor.

Solusi untuk masalah tersebut cukup mudah. Area dek misalnya bisa gunakan Honda Genuine Accessories (HGA) berupa rubber step floor yang tak hanya berfungsi melindungi area dek tapi juga menambah gaya berkendara dan membuat tampilan motor menjadi lebih sporty.

Bisa juga menambahkan pelindung dengan cara melapisinya dengan skolet atau bahan lainnya yang berfungsi tak hanya menjaganya dari goresan tapi sekaligus dari cuaca sehingga bagian plastik warna hitam sepeda motor lebih terlindungi.

Dan jika bagian tersebut sudah terlanjur pudar atau mengalami goresan, Brosis tidak perlu menggantinya dengan spare part yang baru tapi cukup dengan menghitamkannya menggunakan cairan khusus seperti semir motor juga penghitam ban atau bisa juga gunakan bahan-bahan lainnya yang aman seperti minyak kayu putih atau juga minyak goreng.