Memasuki libur akhir tahun dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk diantaranya touring menggunakan sepeda motor. Buat Brosis yang berada di Bandung dan bosan dengan tempat yang sering dikungjungi harus coba untuk mencoba destinasi baru. Salah satunya adalah dengan touring menuju kota dan kabupaten Tasikmalaya.

Berada di sebelah tenggara Bandung, Tasikmalaya menjadi jalur yang dilewati pengendara ketika melintasi jalur selatan dari arah Bandung menuju ke arah timur seperti Jawa Tengah dan seterusnya. Dan buat Brosis yang akan menuju Pantai Pangandaran atau pantai lainnya di selatan Jawa Barat pastinya akan melewati daerah ini.

Buat Brosis yang hobi touring, ada beberapa destinasi wisata atau tempat seru buat nongkrong yang menarik yang berada di daerah Tasikmalaya, baik itu di daerah Kabupaten atau kotanya maupun di daerah sekitarnya. Berikut diantaranya.

1.Jalan Baru Cisinga

Jalan yang baru diresmikan tahun 2019 lalu ini menjadi jalur alternatif yang mengubungkan antara daerah Ciawi yang berada di sebelah utara dengan Singaparna sebagai ibukota Kabupaten Tasikmalaya yang berada di selatan Jawa Barat.

Jalan baru ini melewati jalur pegunungan dan berada di dataran tinggi, sehingga ketika melewati jalur ini memiliki sensasi berada di puncak gunung. Beberapa spot memiliki pemandangan alam yang menarik, sehingga banyak aktifitas pemotor yang mengungujungi daerah ini terutama di hari Minggu.

Para bikers dari Tasikmalaya, Bandung dan sekitarnya banyak yang melakukan kegiatan Sunday Morning Riding (Sunmori), di sepanjang jalan ini juga terdapat beberapa rumah makan dan caffe yang pastinya asyik buat nongkrong dan menikmati week end bersama komunitas atau keluarga.

2. Objek Wisata Gunung Galunggung

Gunung berapi aktif yang sempat meletus tahun 1982 ini menjadi tempat wisata yang paling terkenal di Tasikmalaya. Tak hanya menyajikan wisata vulkanik dimana para pengunjung bisa melakukan hiking ke atas kawas, di sekitarnya juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi seperti kolam renang air panas, beberapa curug atau air terjun dan juga tempat seru buat nongkrong.

Jalur akses menuju tenpat wisata ini juga cukup menantang tapi mudah dilalui karena jalannya sudah diaspal dan tidak jauh dari jalan baru Cisinga.

3. Objek Wisata Situ Gede

Buat bro sis yang lagi berkunjung ke daerah kota Tasikmalaya, tidak jauh sekitar 8 Km dari pusat kota terdapat objek wisata danau yang bernama Situ Gede. Akses menuju tempat ini pun cukup mudah dengan tiket masuk yang terbilang terjangkau terutama untuk para bikers.

Disini kalian bisa menikmati aktifitas seperti naik rakit atau perahu yang disewa dan juga menikmati beragam kuliner yang khas seperti bakar ikan, dan lainnya.

4. Curug Dengdeng

Sebenarnya di daerah Tasikmalaya terdapat banyak objek wisata curug atau air terjun, tapi yang lagi ngehype dan banyak dikunjungi saat ini adalah objek wisata Curug Dengdeng.

Berada di daerah Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, Curug ini dekat dari jalan raya sehingga aksesnya cukup mudah, dan memiliki area parkir yang cukup luas dan aman. Disini, bro sis bisa menikmati pemandangan curug yang eksotis yang katanya mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat.

5. Goa Cipatujah

Buat bro sis yang ingin melakukan touring sekaligus wisata religi bisa berkunjung ke Goa Cipatujah, Lokasi ini banyak dikunjungi dari berbagai daerah di Indonesia karena menjadi salah satu tempat ziarah para wali.

6. Pantai Cipatujah.

Dari kota Tasikmalaya menuju selatan, kita dibawa melewati sensasi jalur yang berkelok-kelok khas pegunungan hingga akhirnya diujung perjalanan kita bisa menemukan jalur pantai selatan pulau Jawa yang banyak lokasi wisata pantai.

Di tempat tersebut, ada banyak wisata di pinggir pantai yang bisa dikunjungi dari mulai pantai Cipatujah, Sindang Kerta, Karang Tawulan, Karang Nunggal dan yang lainnya. Dan jika bro sis ingin melanjutkan perjalananke arah timur maka kita bisa mengunjungi pantai Pangandaran yang menjadi lokasi pantai paling terkenal di Jawa Barat.

Untuk melakukan perjalanan touring, terlebih dahulu selalu lakukan persiapkan dan pengecekan kondisi kendaraan agar tetap prima saat di perjalanan. Gunakan perlengkapan keselamatan berkendara seperti jaket, helm, sarung tangan dan sepatu agar #Cari_aman dan selamat sampai tujuan.