Fadillah Arbi Aditama menutup penampilan ketiga atau terakhirnya sebagai wildcard Moto3 World Championship di Mandalika, Minggu (29/9/2024). Pebalap muda Astra Honda Racing Team tersebut membuktikan bisa berada di level yang sama dengan para pebalap di grup terdepan Moto3, tetapi tidak bisa menyelesaikan balapan setelah terjatuh saat berjuang mendapatkan posisi peraih poin. Arbi mengakhiri perjuangan di grand prix terbaiknya musim ini.

Pada GP Aragon, Arbi memulai balapan dari posisi ke-22 dan berusaha memperbaiki posisi pada awal balapan, tetapi kesalahan di salah satu tikuangan awal membuatnya terdorong ke belakang. Pebalap Indonesia tersebut berjuang untuk bangkit dan bersaing untuk bisa masuk top 20 dengan tiga pebalap lain, termasuk rekan satu timnya, Tatchakorn Buasri.

Di Mandalika, Arbi memimpin rombongan yang mengejar posisi ke-18. Namun, pebalap Astra Honda Racing Team tersebut kehilangan kendali Honda RSW250 dan mengalami high-side di tikungan 11. Untungnya dia tidak mengalami cedera fisik.

Arbi terpaksa berhenti dari balapan Moto3 World Championship untuk kali pertama. Penampilan ketiganya dengan fasilitas wildcard ini menutup perjalanannya di persaingan Moto3 tahun ini. Meskipun mencatat salah satu akhir pekan terbaiknya musim ini, Arbi meninggalkan Mandalika dengan catatan tidak bisa menyelesaikan balapan.

"Saya merasa nyaman dengan motor sejak sighting lap. Saya melakukan start dengan baik, tetapi sedikit kesulitan dengan cengkeraman ban pada lap pertama. Saya melakukan kesalahan di tikungan 10 ketika mencoba melaju dari jalur luar dan nyaris kehilangan kontrol ban depan. Namun, saya bisa selamat dan mulai bisa kembali bersaing dari posisi terakhir, tetapi saya terlalu memaksa dan akhirnya mengalami high-side di tikungan 11. Kami harus belajar dari pengalaman selama tiga hari di sini. Saya juga berterima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Honda Team Asia, dan Junior Talent Team atas kerja keras mereka. Sekarang saatnya untuk fokus pada dua putaran terakhir JuniorGP.” ujar Arbi Aditama.

Arbi akan kembali ke Eropa dan bersiap untuk menghadapi putaran kedua terakhir JuniorGP pada 10-13 Oktober di MotorLand Aragon.