Liburan telah tiba, Jika biasanya melakukan perjalanan ke luar kota atau touring menggunakan sepeda motor, mungkin karena beberapa alasan liburan tahun ini Brosis ada yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan lainnya dan meninggalkan sepeda motornya dirumah.

Walaupun begitu, sepeda motor harus tetap dirawat supaya tetap prima dan terhindar dari kerusakan apalagi jika ditinggal dalam waktu lama, karena biasanya liburan di akhir tahun sekarang ini berlangsung selama 1 sampai 2 minggu.

Berikut ada beberapa tips buat brosis yang meninggalkan sepeda motornya di rumah ketika melakukan perjalanan liburan.

1. Menjaganya tetap bersih

Sepeda motor yang ditinggal, harus dalam kondisi bersih. Jadi cucilah sepeda motor menggunakan sabun dan jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap atau kanebo yang bersih. Supaya ketika disimpan tidak membawa kotoran atau bekas air hujan yang berpotensi merusak beberapa komponen. 

2. Simpan di ruangan yang aman

Beberapa Brosis mungkin memiliki garasi khusus kendaraan pribadi, tapi mungkin sebagain ada yang punya kebiasan menyimpannya diluar rumah. Untuk itu, jika ditinggal harus disimpan diruangan yang aman, baik itu di dalam rumah atau mungkin bisa disimpan di tempat penitipan khusus sepeda motor. Tapi harus di runagan tertutup, tidak terkena sinar matahari langsung dan juga aman dari hujan.

Saat ditinggal ditinggal di rumah, gunakan standar ganda dan gunakan alas dibagian bawah sepeda motor, kemudian tutup sepeda motor menggunakan cover khusus sepeda motor atau bisa juga menggunakan kain yang bersih.

3. Lepaskan Aki Motor

Meski tidak digunakan, kabel tetap memiliki aliran listrik dari aki. Bila aki dibiarkan terpasang, aliran listrik akan terus mengalir sehingga bisa menimbulkan aki soak. Sebaiknya aki dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

4. Kosongkan Tanki Bahan Bakar

Saat ditinggal dalam waktu lama, upayakan tanki bensin dalam keadaan kosong, Hal ini untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bahan bakar.

4. Gunakan kunci ganda

Gunakan kunci ganda supaya terhindar dari tindakan yang tidak kita inginkan misalnya pencurian. Baik itu menggunakan gembok atau juga alarm tambahan. Tidak hanya sepeda motor jika disimpan di dalam rumah, Brosis juga harus meyakinkan kunci pintu atau jendela sudah tertutup rapat dan terkunci dengan aman. Sehingga saat meninggalkan rumah menjadi tenang dan aman.

Selamat liburan buat Brosis, semoga perjalanannya aman dan nyaman, selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi kerumah dalam keadaan sehat sehingga bisa melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa saat pulangnya nanti.