Sepeda motor jenis motor cub/bebek atau tipe sport menggunakan perangkat komponen rantai, sproket dan gir yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang sepeda motor sehingga sepeda motor dapat berjalan dengan baik.

Pengendara sering kali mengalami beberapa masalah pada sepeda motor, seperti rantai yang kendur, lepas bahkan terputus. Tapi yang sangat biasa terjadi adalah kondisi rantai yang berisik. Kondisi tersebut menjadi salah satu indikasi rantai mengalami masalah adalah suara yang ditimbulkan oleh rantai. Seperti suara berdecit, suara kemrosak atau suara lainnya yang menjadi nois atau mengganggu saat berkendara.

Suara rantai yang berisik bisa disebabkan beberapa hal, seperti.

  • Rantai dan gir sudah aus, bisa karena faktor usia pakai bisa juga karena jarang dirawat dan dibersihkan
  • Rantai dan gir berkarat, penyebabnya tentu karena beberapa produk rantai terbuat dari komponen besi atau baja sehingga sangat berpotensi menimbulkan karat, terutama sering dibawa saat kondisi hujan.

Untuk mengatasi rantai motor yang berisik, Brosis bisa melakukan beberapa cara berikut:

Bersihkan rantai

Gunakan sikat rantai khusus atau kain bersih untuk membersihkan kotoran, debu, dan residu pelumas. Anda bisa menggunakan cairan penetran seperti minyak tanah untuk menghilangkan kotoran.

Lumasi rantai

Gunakan pelumas rantai yang sesuai, seperti chain lube. Sebaiknya lakukan pelumasan secara rutin, terutama jika motor digunakan setiap hari atau saat musim hujan. Hindari penggunaan oli bekas atau gemuk. Karena dapat merusak komponen rantai.

Sesuaikan ketegangan rantai

Pastikan rantai tidak terlalu kendor atau terlalu tegang. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala.

Periksa komponen lain

Suara berisik juga terkadang bukan hanya disebabkan oleh rantai saja, tapi bisa juga karena komponen lainnya mendapat beberapa masalh. Periksa juga bagian gir, sproket dan jika ada perangkat aksesoris seperti tensioner rantai bisa jadi penyebab rantai berisik.

Ganti komponen yang aus

Jika rantai dan sprocket sudah terlalu tua dan aus, Komponen tersebut tidak bisa diperbaiki. Maka solusi yang tepat adalah dengan cara menggantinya dengan yang baru.

Untuk itu, selalu lakukan perawatan rantai dan gir secara berkala dengan selalu membersihkan kotoran yang menempel ketika mencuci yang kemudian dilanjutkan dengan mengeringkannya dan melumasinya dengan cairan khusus pelumas rantai untuk menjaganya dari karat.

Dan yang harus diperhatikan ketika mengganti spare part atau komponen dan gir yang barus selalu lakukan penggantian dalam satu paket. Karena jika hanya mengganti sebagian saja, seperti rantainya saja atau gir-nya saja maka bisa dipastikan tidak akan menuntaskan masalah yang ada.

Untuk itu lakukan perawatan dan penggantian komponen rantai dan gir asli Honda dengan menggunakan Honda Genuine Parts (HGP) untuk menjamin keaslian dan kualitasnya dan menjaga kondisi sepeda motor tetap prima untuk digunakan berkendara.