Akhir pekan ini gelaran balap Motogp kembali hadir di sirkuit Silverstone Inggis setelah libur musim panas berakhir. Dan seri pembuka di paruh musim kedua tahun ini terasa special karena semua pembalap termasuk untuk team Repsol Honda Motogp menggunakan corak vintage khusus untuk memperingati perayakan 75 tahun ajang Grand Prix paling bergengsi di dunia yang digelar di Inggris.

Corak grafis bertema Vintage membawa semangat dari motor tunggangan Freddie Spencer yang memberikan gelar juara dunia pertama bagi Honda di kelas 500cc saat ditunggangi oleh pembalap asal Amerika Serikat tersebut di musim balap 1983.

Kita bisa melihat garis desain yang dibuat mirip seperti motor Honda NS500 dengan kombinasi warna Trico merah, putih biru dengan tambahan aksen warna kuning dibagian samping fairing Honda RC213V. Penyematan logo “One Heart.” dan “Satu Hati.” pada samping bodi motor tim Honda tersebut juga merupakan bentuk inspirasi bagi para pecinta balap Tanah Air dalam menggapai mimpi tertinggi di dunia balap. 

Pada gelaran Motogp Inggris juga memuat kabar jika Joan Mir baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun dengan HRC, pembalap #36 itu akan tetap berada di tim pabrikan untuk musim 2025 dan 2026. Setelah serangkaian akhir pekan yang rumit di pertengahan tahun, tujuannya adalah untuk mendapatkan kembali kecepatan dan konsistensinya. Silverstone merupakan tantangan yang sangat berbeda dari Sachsenring, trek Jerman yang ketat dan teknis digantikan dengan tata letak lapangan terbang yang panjang, cepat, dan mengalir.

GP terakhir sebelum jeda, GP Jerman, memperlihatkan Luca Marini meraih poin pertamanya musim ini untuk menutup akhir pekan yang kuat di mana ia secara konsisten menantang pebalap Honda lainnya. Melanjutkan perkembangan ini akan menjadi kunci selama akhir pekan GP Inggris dan untuk membangunnya saat sisa musim berlanjut. Marini telah mencetak poin pada tiga kunjungan kelas premier sebelumnya ke Silverstone dengan finis terbaik ketujuh, yang diraih pada tahun 2023.

“Kami telah beristirahat sejenak dengan sedikit waktu untuk bersantai dan banyak waktu untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk paruh kedua musim ini. Saya sangat senang masa depan saya dengan HRC telah dipastikan dan ini merupakan dorongan lain saat kami memasuki perjuangan berat ini hingga akhir musim. Silverstone tahun ini akan luar biasa dengan semua corak khusus, harus saya katakan bahwa ini mungkin adalah MotoGP terindah yang pernah saya lihat! Namun yang terpenting adalah kemajuan yang kami buat, fokus dan tujuan tetap sama seperti sebelumnya.” kata Joan Mir.

“Saya tak sabar untuk kembali bersama tim di Silverstone, untuk melihat apa yang telah dilakukan selama jeda dan apa rencana untuk balapan mendatang. Silverstone adalah trek yang rumit, sangat panjang dengan banyak bagian yang berbeda – cara yang baik untuk menilai diri sendiri. Ini akan menjadi istimewa dengan peringatan 75 tahun, saya sangat bersemangat untuk mengenakan warna yang telah kami rancang dan saya harap kami dapat menampilkan performa yang baik dan membangun balapan kami sebelum musim panas.” ujar pembalap Italia, Luca Marini.

Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat tampilan baru tersebut sebelum mereka bertarung pada hari Minggu pukul 13:00 Waktu Setempat atau sekitar pukul 19.00 WIB di GP Inggris sepanjang 20 putaran.

Sumber : https://motogp.hondaracingcorporation.com/report/special-silverstone-restarts-the-motogp-season/