Knalpot menjadi salah satu bagian penting pada sepeda motor. Memiliki fungsi utama sebagai peredam suara sekaligus penyaring gas yang terbuang sisa pembakaran serta sebagai pendukung performa dan menambah estetika desain pada sepeda motor.

Memiliki nama lain exhaust atau muffler, knalpot sepeda motor juga memiliki posisi yang berbeda-beda menyesuaikan desain dan peruntukannya. Pada umumnya, knalpotberada di sisi kanan sepeda motor, tapi ada pula yang letaknya di atas atau tepat di bawah jok seperti Honda CBR600RR.

Ada juga yang letaknya berada di bawah mesin untuk meningkatkan center of gravity seperti yang terdapat pada salah satu varian Big Bike Honda CB650R atau yang berada di sisi jok sepeda motor seperti pada varian motor off road Honda CRF series.

Untuk mendukung kinerjanya tetap maksimal, knalpot sepeda motor memeiliki beberapa bagian komponen baik yang nampak maupun yang tidak terlihat karena berada di bagian dalam knalpot. Pada umumnya, knalpot terdiri dari 3 bagian diantaranya header atau manifold exhaust, catalitic converter dan silencer. Untuk lebih detailnya, berikut diantaranya.

1.Header dan pipa knalpot

Header atau kepala kenalpot adalah bagian yang menghubungkan antara mesin dengan pipa atau leher knalpot. Pada bagian ini juga terdapat beberapa komponen seperti gasket atau packing dan pada beberapa model terdapat juga kabel 02 sensor yang letaknya pada bagian atas leher knalpot.

2. Calatytic converter

Di bagian tengah pipa knalpot terdapat tabung kecil yang disebut katalis atau catalytic converter, fungsinya adalah untuk memfilter gas beracun hasil pembakaran. Komponen ini bertujuan untuk membuat udara hasil pembakaran menjadi bersih sebelum dikeluarkan sehingga menjadi komponen yang selalu ada pada varian motor baru.

3. Silencer

Bagian knalpot yang memiliki dimensi yang cukup besar, berbentuk tabung dan berada di ujung knalpot. Bagian ini memiliki beberapa komponen di dalamnya, seperti partition chamber yang merupakan sekat dan pipa yang melingkar yang berfungsi sebagai penyaring dan pemecah suara bising hasil ledakan pembakaran mesin yang kemudian diteruskan melalui tail pipe atau lubang knalpot yang merupakan akhir dari proses pembakaran mesin.

Harus diperhatikan jika karena pentingnya knalpot pada sepeda motor, sehingga jika pengendara melepas atau melakukan modifikasi yang diluar batas ketentuan maka merupakan suatu pelanggaran dan berhak mendapat hukuman berupa tilang.

Selain itu knalpot juga sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor yang selalu harus mendapat perawatan, jika terdapat kendala pada bagian knalpot maka segera lakukan service dan perbaikan di bengkel AHASS agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan aman saat digunakan berkendara sehari-hari.