Sepeda motor skuter matic di Indonesia punya banyak standar ukuran yang digunakan, dari mulai velg berukuran 8, 10, 12, 13, 14, 15 sampai ada juga 16 inch. Tapi motor matic yang dijual saat ini lebih dominan menggunakan velg berukuran 12 inch dan 14 inch. Sedangkan ukuran lainnya sangat jarang digunakan atau bahkan sudah tidak digunakan lagi. 

Ada yang berbeda dengan penggunaan ukuran velg yang digunakan di 2 produk sepeda motor matic Honda ADV160 dan PCX160 karena menggunakan velg yang asimetris, dimana ukuran velg depannya menggunakan velg dengan lingkar 14 inch dan belakangnya cuma 13 inch saja.

Pastinya brosis ada yang penasaran, mengapa ban belakang lebih kecil dari ban depan, atau kenapa cuma pakai velg 13 inch?

Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan walaupun ukuran velg dan ban depan dan belakang yang digunakan oleh Honda ADV160 dan Honda PCX160 berbeda, tapi secara keseluruhan ukurannya tetap sama.

"Walaupun berbeda, tapi jika dihitung secara keseluruhan diameter ukuran velg tersebut jadi sama, termasuk dari tingginya juga, cuma yang belakang diameternya dibuat lebih kecil itu supaya menghasilkan tipe ban yang digunakan menjadi terlihat lebih gambot dan besar" terangnya.

Endro juga menambahkan jika ukuran ban belakang yang lebih kecil tapi dengan tapak lebar akan membuat traksinya lebih bagus bisa menopang beban pengendara lebih baik.

"Terus penggunaan ban belakang yang lebih kecil juga membuat permukaan ban lebih lebar sehingga traksinya juga lebih bagus, serta bisa menopang beban pengendara lebih baik sehingga lebih nyaman, sedangkan untuk lingkar velg depan yang lebih tinggi membuatnya lebih aman saat melintasi rintangan seperti jalan berlubang, suspensi depan juga lebih optimal dan membuatnya lebih lincah saat bermanuver". tambahnya.