Garut dikenal dengan wisata kulinernya, beberapa sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat salah satunya adalah Dodol dan Kerupuk Kulit yang cukup terkenal. Belum lagi daerah ini menjadi sentral kerajinan jaket dan dompet kulit yang cocok dijadikan cendera mata.

Selain kuliner dan oleh-olehnya, Garut juga punya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi terutama buat brosis yang melakukan aktifitas touring yang kebetulan melewati daerah Garut atau memang sengaja mengunjunginya.

Berikut ini adalah tempat wisata di daerah Garut yang wajib dikunjungi saat touring

1. Kawah Kamojang

Pertama akses meuju Garut, terutama buat brosis yang berasal arah Bandung bisa mengambil jalur Soreang Kab. Bandung kemudian meneruskan perjalanan menuju timur ke daerah Banjaran atau lebih tepatnya perbatasan antara Bandung dan Garut. 

Perjalanan menuju Garut akan punya sensasi tersendiri terutama buat touring karena menuju ke daerah pegunungan dengan hawa yang sejuk.

Kawah Kamojang mudah diakses terutama untuk para pe-touring, punya banyak fasilitas dan tempat nongkrong yang seru. Tempatnya berada di area geothermal PLTU kamojang Garut sekalian berwisata geologi dan punya spot menarik untuk ber-foto.

2. Darajat Pass

Touring untuk menikmati sensasi mandi air panas, disinilah tempatnya. Darajat Pass banyak dikunjungi karena memiliki fasilitas yang lengkap dari Hotel, Penginapan dan cafe-cafe dengan spot pemandangan yang menarik yang pastinya banyak dicari para pengunjung.

3. Candi Cangkuang

Tak hanya Jawa Tengah dan Jawa Timur saja, Jawa Barat juga punya objek wisata Candi yang kental dengan sejarahnya. Wisata ini pun menjadi satu area dengan danau Situ Cangkuang, sehingga sekalian mempelajari sejarah kita juga bisa melakukan aktifitas seru bersama teman-teman seperti naik rakit dan menikmati jajanan kuliner khas daerah di sekitar danau.

Rute menuju ke tempat wisata ini bisa melewati arah timur Bandung yaitu ke daerah lingkar Nagreg, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah selatan yang dekat dengan daerah Kota Garut.

4. Gunung Papandayan

Setelah melewati kota Garut, brosis juga bisa mengunjungi Gunung Papandayan. Cocok buat yang suka aktifitas mendaki gunung yang ringan. Banyak tempat seru yang bisa dikunjungi terutama yang suka menikmati pemandangan kawah dan pegunungan. Aksesnya mudah dan punya tempat parkir yang luas untuk para pengguna sepeda motor.  

5. Pantai Selatan Garut

Baik yang melakukan touring lewat rute Soreang atau Nagreg dan melewati kota Garut. Ke arah selatan, brosis bisa langsung melakukan perjalanan menuju daerah pantai yang pastinya akan melewati daerah perkebunan teh di Cikajang Garut yang punya pemandangan indah yang khas.

Setelah sampai di daerah Pameungpeuk Garut, maka brosis sudah memasuki area Pantai Selatan Garut. Disini banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi seperti pantai Ranca Buaya di daerah paling barat, pantai Pameungpeuk, Pantai Sayang Heulang dan jika brosis ingin melanjutkan perjalanan ke arah timur bisa meneruskannya hingga ke pantai Pangandaran melewati daerah Leuweung Sancang.

Dan jalur pantai selatan Garut ini punya kontur jalanan aspal yang mulus dan cukup lebar, minim jalan berlubang dan jarang dilewati kendaraan besar. Sehingga buat brosis yang melakukan ke daerah ini, dijamin pasti ketagihan.