Berfungsi sebagai penahan beban vertikal dan benturan pada bagian roda sepeda motor pelek atau velg memiliki peranan penting. Setiap model sepeda motor memiliki jenis, bentuk dan ragam macam material untuk komponen yang satu ini.

Ada 2 jenis velg sepeda motor yang biasa digunakan pada sepeda motor di Indonesia, diantaranya.

Velg Jari-jari

Sepeda motor yang menggunakan model velg seperti ini biasanya produk keluaran lama. Tapi beberapa produk baru juga ada yang masih menggunakan model ini, seperti Honda CB150 Verza dan juga Honda CRF series.

Material yang digunakan pada velg jari-jari atau velg spoke wheel ini ada yang terbuat dari bahan besi dan juga dari alumunium. Velg jari-jari terdiri dari beberapa komponen, diantaranya wheel rim yang berbentuk lingkaran, batang jari-jari dan juga teromol.

Kelebihan velg spoke wheel atau jari-jari diantaranya bisa distel jika mengalami bengkok, atau jika mengalami sedikit kerusakan bisa diganti beberapa bagian yang rusaknya saja secara terpisah. Untuk velg jari-jari yang terbuat dari material besi memiliki karakter yang lebih kaku dan juga lebih kuat menahan beban dengan ciri khas dibalut dengan warna chrome.

Sedangkan untuk velg jari-jari yang terbuat dari bahan alumunium memiliki kelebihan lebih ringan, lebih murah, cocok untuk modifikasi dengan warna yang lebih variatif serta anti karat.

Tapi velg jari-jari biasanya memiliki beberapa kekurangan, untuk velg jari-jari besi rawan korosif dan mudah berkarat dan terkesan jadul. Sedangkan untuk velg jari-jari yang terbuat dari alumunium mudah bengkok karena material yang cenderung terlalu ringan. Kedua jenis velg jari-jari kekurangannya tidak bisa menggunakan ban tipe tubeless.

Velg Cast Wheel

Biasanya disebut velg racing karena memang memiliki desain yang sporty dan modern. Karena hampir semua tipe sepeda motor keluaran tahun 2010 keatas menggunakan velg jenis ini.

Material yang digunakan pun bermacam-macam ada yang dari besi, alumunium alloy, magnesium dan bahan lainnya. Kebanyakan velg seperti ini diproduksi dengan cara dicetak atau dicor, tapi ada juga yang dibuat secara forged atau ditempa/dipress dengan mesin khusus.

Kelebihan velg tipe ini memiliki bentuk yang bermacam-macam sesuai tipe dari masing-masing motornya. Lebih kuat, stabil dan ringan serta memiliki karakteristik yang lebih baik saat bermanuver dan pengereman dan cocok digunakan untuk ban tipe tubeless. 

Tapi velg castwheel juga tak luput dari kekurangan, diantaranya jika mengalami kerusakan walaupun sedikit saja maka harus melakukan penggantian velg baru dalam keadaan utuh, dari segi harga juga lebih mahal dan tetap bisa berpotensi mengalami kerusakan jika terjadi benturan sangat keras ketika melewati jalanan berlubang, dan penyebab lainnya.