Melaju di jalanan aspal yang mulus menjadi sensasi tersendiri untuk menikmati perjalanan menggunakan sepeda motor. Tapi kontur jalanan di Indonesia tentunya bermacam-macam. Tidak semua daerah memiliki fasilitas jalanan aspal yang semuanya mulus, di beberapa titik terkadang terdapat beberapa kendala seperti jalanan berlubang, genangan air dan yang sering dijumpai pengendara adalah kerikil dijalanan aspal yang menjadi salah satu penyebab kecelakan, terutama yang terdapat di jalanan menikung.

Terdapatnya kerikil atau pasir diatas permukaan jalanan aspal ada beberapa penyebabnya, bisa akibat sebagian aspal yang rusak, partikel pasir dari pinggir jalan yang terbawa air hujan atau bisa juga tumpahan dari kendaraan pembawa material bahan bangunan yang terjatuh.

Instruktur Saferty Riding Senior PT. Daya Adicipta Motor (DAM), Asep Wawan mengatakan para pengendara disarankan selalu berkonsentrasi dan selalu focus ketika berkedara menggunakan sepeda motor, dan selalu waspada ketika melihat potensi bahaya di berbagai kondisi permukaan jalan.

"Terkait permukaan jalan yg di lalui, seorang pengendara motor harus melakukan metode prediksi bahaya, dimana seorang pengendara motor tidak hanya melihat situasi yang persis di depan roda nya, tapi memperhatikan jauh ke depan situasi dan kondisi jalannya (termasuk berpasir atau berlubang), sehingga ketika berada kecepatan tinggi harus semakin waspada" terangnya.

Sebagai Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora, Asep Wawan memberikan beberapa tips #Cari_aman untuk menghindari bahaya terjatuh saat melintasi kondisi permukaan jalanan aspal yang berpasir atau berkerikil.

1. Mengurangi Kecepatan

Yang pertama yang dilakukan ketika menemukan kondisi jalanan aspal berpasir atau berkerikil adalah mengurangi kecepatan dengan melakukan penurunan throttle atau gas. Hal ini juga untuk mengurangi potensi bahaya juga kerusakan pada permukaan ban.

2. Lakukan pengereman dengan benar

Langkah kedua adalah lakukan pengereman kombinasi depan belakang bersamaan secara perlahan dan jangan lakukan pengereman secara mendadak untuk menghindari ban selip yang menyebabkan tergelincir.

3. Biarkan motor melaju sendiri tanpa menarik gas

Sebisa mungkin kita menghindari kondisi jalanan berkerikil atau berpasir, tapi jangan melakukan manuver secara mendadak. Dan jika terlanjur ban sepeda motor melindas pasir, biarkan motor melaju sendiri tanpa menarik gas atau menaikan kecepatan dan di bantu rem belakang dengan lembut dan terkendali.

4. Kendalikan motor supaya stabil.

Supaya motor tetap stabil, genggam stang kemudi dengan kuat untuk mendalikan motor supaya tidak keluar jalur.

5. Jangan terlalu miring

Ketika melintasi jalanan menikung dan kita dihadapkan dengan kondisi permukaan jalan aspal berpasir/berkerikil usahakan agar posisi berkendara tetap tegak, dan tidak terlalu miring banyak, Tentunya supaya grip ban lebih menapak dan memberikan traksi yang optimal.