Sepeda motor jenis skuter matic atau skutik memang paling banyak diminati oleh pengendara, baik itu wanita maupun pria, alasannya karena lebih praktis, lebih fungsional, lebih mudah pengoperasiannya karena tidak perlu oper gigi terlebih lagi karena motor jenis ini pengeremannya hanya dikendalikan oleh tangan, sehingga bagian kaki jadi lebih rileks.

Tapi sering kali pengguna sepeda motor skutik mengeluh jika kampas rem yang digunakan cepat habis sehingga tidak bekerja optimal. Dan bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena cara menggunakan rem yang tidak benar.

Jadinya tak hanya cara berkendara saja yang membutuhkan skil, pengereman pun juga ada tekniknya. Untuk itu berikut ini adalah tips menggunakan rem tangan motor skutik yang baik dan benar.

Jangan Biasakan Jari Tangan Standby di Handle Rem

Sudah menjadi kebiasaan pengendara yang selalu menempatkan jari tangan di handle rem, yang menyebabkan rem tidak sengaja tertekan dan rem bekerja terus menerus saat kendaraan melaju. Hal ini menyebabkan kampas rem dipaksa terus bekerja berlebihan. Selain menyebakan kampas rem cepat habis juga membuat indikator lampu rem terus menyala dan mengganggu pengendara dibelakang, bahkan bisa juga menyebabkan lampu rem cepat putus.

Menggunakan Kedua Tangan

Beberapa pengendara biasanya hanya terbiasa menggunakan rem depan saja atau belakang saja, tapi pengereman motor skutik yang benar adalah menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan sehingga kedua tangan harus bekerja mengoperasikan rem secara benar sehingga lebih stabil.

Mengerem Secara Perlahan

Sudah menjadi kebiasaan pengendara yang selalu melakukan pengereman secara keras dan mendadak yang menyebabkan ban menjadi slip, pengereman yang benar adalah dengan mengeremnya secara perlahan hingga kendaraan berhenti optimal.

Melakukan pengereman pun harus dilakukan dengan cara menurunkan throttle atau gas terlebih dahulu kemudian menekan tuas rem, jika dilakukan saat gas masih terbuka maka menimbulkan potensi kerusakan mesin.

Menjaga Jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan di depan bukan hanya menghindari tabrakan beruntun tapi juga untuk menjaga jarak pengereman. Karena pengereman sepeda motor skutik membutuhkan jarak dan ruang untuk berhenti optimal.

Jadi untuk menjaga kondisi rem tetap prima, segera ganti kampas rem jika dirasa sudah habis dan daya cengkramnya kurang. Untuk menjaga sepeda motor prima lakukan perawatan dan service rutin hanya di bengkel AHASS yang tersedia di seluruh daerah di Jawa Barat.