Perlengkapan berkendara yang wajib digunakan untuk mendukung keselamatan selain helm, sepatu dan protektor adalah jaket khusus buat motor. Jaket tentunya memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan sengatan sinar matahari langsung, tapi juga untuk meminimalisir luka jika terjadi kecelakaan.

Bagi sebagian orang, jaket motor kini bukan sekedar pelengkap berkendara saja, tapi juga bagian dari life style masyarakat perkotaan yang mampu menunjang penampilan saat berkendara. Maka tak heran jika kini begitu mudah menemukan beragam merek dan model jaket yang diklaim sebagai jaket motor.

Sejatinya, jaket bukan sekedar alat anti masuk angin atau penghangat badan saja, tapi mampu melindungi tubuh dan memberi kenyamanan. Lantas seperti apa jaket motor yang cocok digunakan untuk aktivitas riding?

1. Perhatikan Bahannya

Jika sekedar untuk penggunaan harian di dalam kota, pilihlah jaket motor berbahan ringan namun cukup kuat untuk menahan gesekan. Karena selain sebagai pelindung kulit dari terik matahari dan terpaan angin ke badan, juga bisa melindungi bagian tubuh dari gesekan aspal jika terjadi kecelakaan.

2. Nyaman Dipakai

Jaket juga punya beberapa fitur seperti fitur ventilasi udara atau breathable. Dengan fitur ini, udara bisa mengalir ke bagian dalam jaket untuk menstabilkan suhu tubuh saat cuaca panas sehingga lebih nyaman. Atau jika akan dipakai ke daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin bisa menggunakan jaket dengan bahan yang lebih tebal. Beberapa produk jaket juga ada yang menggunakan bahan kedap air sehingga bisa dipakai saat kondisi hujan.

3. Sesuaikan Ukurannya

Pilih jaket yang sesuai dengan ukuran tubuh, jangan yang sempit jangan pula terlalu longgar. Jaket yang sempit membuat berkendara jadi tidak nyaman karena pergerakan badan jadi kurang leluasa.

Sementara jaket yang terlalu longgar akan memengaruhi sisi aerodinamis dan konsentrasi berkendara, khususnya saat kecepatan tinggi. Karena saat berkendara dalam kecepatan tinggi akan ada bagian jaket yang menggelembung karena tertiup angin.

4. Perhatikan Fitur Safety

Jika menggunakan sepeda motor untuk jarak jauh, perhatikan juga fitur safetynya untuk keamanan. Beberapa jaket memiliki fitur protektor di beberapa bagian anggota tubuh seperti pundak, bahu, punggung dan juga siku sebagai pelindung.

5. Sesuaikan Dengan Jenis Sepeda Motor

Para pengguna sepeda motor Honda juga bisa menyesuaikan model jaket yang cocok untuk setiap jenis sepeda motor yang dipakai. Misalkan jika menggunakan motor bergaya adventure touring semisal Honda CB150X atau Honda ADV160 bisa pakai apparel jaket resmi dari Honda, salah satunya adalah produk Camo Touring Jaket yang memiliki desain petualang. Memilih jaket yang sesuai juga akan membuat pengendara lebih percaya diri dan terlihat fashionable.

Atau jika yang suka city ride menggunakan motor sport seperti CBR150R atau CBR250RR, Honda juga menyediakan beberapa varian yang cocok salah satunya CBR Chimera yang bisa didapatkan di seluruh jaringan AHASS di Jawa Barat, selama persediaan masih ada.