Lampu sepeda motor merupakan bagian penting yang berfungsi untuk menerangi jalan ketika digunakan berkendara di malam hari atau saat melewati jalanan yang gelap karena kabut atau ketika turun hujan. Lampu sepeda motor juga harus selalu menyala saat siang hari agar bisa terlihat oleh kendaraan lain dari lawan arah. Hal tersebut menjadi salah satu peraturan yang berlaku dan jika dilanggar maka pengendara akan mendapat sanksi.

Untuk menjaga lampu sepeda motor tetap menyala, terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya kondisi kelistrikan dalam kondisi prima, dan juga bagian mika serta reflektor headlamp yang dalam kondisi baik. Selain masalah kelistrikan, seperti bohlam yang putus, atau arus listrik dari baterai yang tidak optimal, terkadang masalah pada lampu sepeda motor juga terdapat pada bagian mika yang mengalami gangguan atau kerusakan.

Pada umumnya kerusakan pada mika headlamp atau stoplamp sepeda motor sangat jarang terjadi, terkecuali jika ada faktor lain, seperti kesalahan pemasangan ketika melakukan bongkar pasang komponen sehingga menyebabkan mika lampu sepeda motor ngembun dan kemasukan air, ada juga masalah mika lampu yang berjamur, kusam karena usia pakai atau karena faktor kerusakan karena kecelakaan.

Untuk itu, agar mika lampu sepeda motor tetap dalam kondisi baik tentunya perlu mendapat perawatan dan pencegahan. Diantaranya.

Jaga kebersihan

Perawatan yang paling mudah untuk menjaga mika lampu sepeda motor dalam kondisi baik adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Seperti mencucinya dengan sabun secara rutin ketika kotor atau habis digunakan berkendara, tentunya agar terhindar dari lumpur, debu atau kotoran yang menempel pada bagian mika lampu sepeda motor yang berpotensi merusak bagian tersebut.

Jika dibiarkan kotor terlalu lama terutama pada kondisi udara yang lembab, salah satu efeknya adalah timbul bercak jamur yang sulit dihilangkan menggunakan sabun biasa. Maka solusinya adalah harus melakukan treatment khusus seperti penggunaan spray anti jamur. Bisa juga menggunakan wax atau cairan khusus untuk menjaga mika tetap bening dan tidak menggangu kinerja lampu sepeda motor.

Hati-hati saat melakukan modifikasi

Pengguna sepeda motor selalu melakukan modifikasi termasuk diantaranya penggunaan lampu aksesoris yang bertujuan untuk mendukung gaya berkendara, hobi atau sekadar ikutan tren.

Yang harus diperhatikan adalah selalu pastikan lampu atau aksesoris yang digunakan selalu aman dan tidak mengganggu kinerja serta fungsi utama lampu sepeda motor.

Hati-hati juga saat melakukan lepas pasang komponen seperti mika lampu sepeda motor, karena jika melakukan kesalahan atau penanganan yang tidak tepat akan menyebabkan jarak antara mika dengan reflektor tidak rapat dan bisa berpotensi menyebabkan ruangan dalam reflektor kemasukan air yang ditandai dengan gejala mika lampu sepeda motor yang mengembun.

Beri tambahan pelindung

Untuk memberikan tambahan perlindungan pada mika lampu sepeda motor, Pengguna bisa menambahkan stiker atau skotlet supaya terlindung dari goresan atau kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan. Namun harus pastikan skotlet yang digunakan adalah yang berwarna bening atau transparan agar tidak menggangu kinerja lampu sepeda motor.

Hindari penggunaan sparepart palsu

Mika lampu sepeda motor pada produk keluaran terbaru menggunakan material yang kuat, tahan panas dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga jika mika lampu sepeda motor tampak kusam dan cenderung menguning, bisa dipastikan itu merupakan penggunaan sparepart palsu atau suku cadang aftermarket berkualitas buruk.

Maka dari itu, selalu pastikan sparepart yang digunakan adalah produk asli yaitu Honda Genuine Parts (HGP), termasuk untuk komponen mika lampu sepeda motor. Produk Honda Genuine Parts (HGP) bisa konsumen dapatkan di dealer AHASS terdekat atau juga melakukan pemesanan melalui aplikasi Daya Auto.

Jangan lupa untuk selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor di bengkel AHASS agar sparepart yang digunakan terjamin keasliannya serta ditangani oleh mekanik handal dan berpengalaman. Gunakan layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri.