Masih ingat dengan slogan "Kejahatan bukan terjadi karena niat pelakunya tapi karena ada kesempatan, waspadalah,  waspadalah !", Peringatan tersebut benar adanya Brosis, Sepeda motor tentunya menjadi barang kebutuhan pribadi yang paling utama, karena digunakan sebagai alat transportasi untuk bekerja, sekolah atau beragam aktifitas lainnya.

Maka dari itu selain kita melakukan perawatan, tentu saja sepeda motor juga harus kita jaga agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, seperti pencurian.

Tindakan pencurian bisa terjadi dimana saja, termasuk tempat dimana kita memarkirkan sepeda motor saat mengunjungi suatu lokasi. Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya sepeda motor kita aman dan terjaga dari aksi tindakan pencurian, terutama di lokasi tempat parkir.

Jangan Tinggalkan kunci atau remote

Pastikan kunci kontak dalam kondisi off dan jangan biarkan kunci menggantung di sepeda motor, atau di beberapa tipe yang sudah pakai model smartkey system, jangan tinggalkan remote di dalam konsol boks atau bagasi. Ini biasanya sering terjadi tatkala brosis dalam kondisi buru-buru.

Tambahkan Kunci Ganda

Kunci stang juga jangan lupa, dan untuk menambah rasa aman dan tenang saat meninggalkan sepeda motor di lokais parkir, Brosis disarankan untuk menambah pengaman tambahan seperti kunci gembok, atau aksesoris tambahan seperti kunci cakram dan bisa juga alarm khusus sepeda motor.

Beberapa produk Honda juga kini sudah dilengkapi fitur-fitur canggih seperti Anti-theft Alarm, diantaranya Honda Scoopy, Honda PCX160, ADV160 dan semua produk premium Honda lainnya. Brosis bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menambah rasa aman.

Pilih lokasi yang aman

Hindari tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Pilih lokasi yang merupakan tempat yang diperuntukan untuk parkir, karena memiliki petugas, penjaga dan biasa terdapat kamera pengawas CCTV. Hindari juga memarkirkan sepeda motor yang terdapat rambu-rambu dilarang berhenti atau dilarang parkir.

Usahakan mencari tempat parkir yang teduh sehingga terhindar dari terik matahari atau jika dalam kondisi hujan, sepeda motor kita bisa tetap kering dan bersih. Hindari juga memilih lokasi parkir dibawah pohon yang lapuk atau tempat yang terdapat bahan mudah terbakar.

Kadang kala kita tak rela mengeluarkan beberapa keping recehan untuk jasa tukang parkir, atau malas ketika parkir di tempat yang ramai dan sesak, dan terkadang juga malas menggunakan kunci ganda, tapi harus ingat brosis demi menjaga keamanan, hal sederhana tapi sering diabaikan seperti memberi sedikit rejeki kepada petugas jaga parkir, meluangkan sedikit waktu untuk memasang kunci ganda dan rela antri di tempat parkir yang ramai bisa meminimalisir tindakan pencurian yang tentunya merupakan sebuah kerugian yang lebih besar.