Kunci motor dengan gantungan kunci memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Baik itu untuk sepeda motor yang masih menggunakan model kunci kontak mekanis biasa atau pun yang sudah menggunakan Honda Smart Key system. Lantas, seberapa pentingkah gantungan kunci pada sepeda motor?

Gantungan kunci memang bukan menjadi komponen penting pada sepeda motor, part tersebut merupakan sebuah aksesoris yang memang sangat umum digunakan oleh semua pengguna sepeda motor, apapun jenisnya.

Komponen tersebut memiliki fungsi sebagai penanda keberadaan kunci ketika disimpan. Atau juga sebagai penanda jika penggunanya memiliki banyak kunci kendaraan yang berbeda-beda dalam satu rumah atau kantor, sehingga terhindar dari kendala tertukar atau kesulitan mencari kunci dalam kondisi tergesa-gesa.

Pada umumnya gantungan kunci sepeda motor memiliki beragam jenis dan peruntukannya, diantaranya.

Gantungan kunci aksesoris

Aksesoris gantungan kunci banyak dijual dengan beragam bentuk ukuran, model dan warna menyesuaikan selera dan kebutuhan pemiliknya. Biasanya gantungan jenis ini memiliki hook atau ring sebagai pengait anak kunci. Saat digunakan berkendara, gantungan kunci jenis ini sering kali menimbulkan noise atau suara gemerincing yang menggangu akibat gesekan antara kunci dengan ring gantungannya.

Gantungan kunci dengan tali/rantai

Ada juga aksesoris gantungan kunci yang bentuknya tali elastis atau rantai yang pada ujungnya terdapat hook yang bisa dikaitkan pada kabel gas atau spion. Tali atau rantai tersebut bisa mengantisipasi ketika kunci kontak terlepas atau terjatuh saat berkendara. Tapi aksesoris gantungan kunci tersebut sudah tidak digunakan lagi saat ini, karena kunci kontak saat ini sudah dirancang menjadi lebih aman, lebih kuat dan tidak terlepas saat digunakan berkendara.

Gantungan kunci berbentuk dompet

Walaupun bentuknya dompet tapi sangat disarankan untuk tidak menyimpan dokumen penting seperti KTP, SIM atau STNK pada gantungan kunci jenis ini. Karena bisa berpotensi hilang atau mengalami kerugian akibat tindak pencurian.

Saku dalam dompet gantungan kunci ini cukup digunakan untuk menyimpan uang recehan atau karcis juga kartu parkir saja.

Gantungan kunci dengan remote

Pada beberapa model sepeda motor terutama yang berjenis skuter matic, terdapat fitur Answer Back System yang dimana memiliki komponen remote yang sangat berguna ketika mencari sepeda motor di tempat parkir dan juga menjadi alarm anti maling.

Komponen remote tersebut tentunya bisa memiliki fungsi lain sebagai gantungan kunci. Sehingga lebih simple dan praktis.

Walaupun gantungan kunci memang tidak menjadi bagian penting pada sepeda motor, tapi jika pengendara memutuskan untuk menggunakannya maka harus diperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah dari bobot dan ukuran gantungan kunci agar tidak merusak atau mengganggu kinerja kunci kontak.

Hindari penggunaan gantungan kunci yang terlalu berat agar tidak menyebabkan kunci patah atau bengkok. Gantungan kunci yang terlalu besar juga bisa menggangu aktivitas berkendara. Hindari juga penggunaan gantungan kunci yang menggunakan material yang mudah berkarat agar terhindar dari resiko gangguan kesehatan. Selalu jaga kebersihan gantungan kunci dengan mencucinya secara rutin.