Selalu menjadi pusat perhatian, itulah ciri khas skutik Honda. Itu karena produk ini memiliki desain yang unik dan fashionable, performa mesin maksimal serta fitur-fitur canggih yang selalu memanjakan penggunanya. Seperti apa yang terdapat pada varian New Honda Scoopy dan New Honda Stylo 160. Keduanya menjadi idola baru pecinta skutik Honda dan menjadi trend skutik masa kini di tanah air.

Yang menarik, kedua produk Honda ini memiliki konsep retro skutik unik yang ikonik dan bergaya klasik. Lantas, apa saja sih perbedaanya? Nah, di artikel ini Minho akan ajak Brosis untuk mengetahui perbedaan antara New Honda Scoopy dan Honda Stylo 160.

Perbedaan yang pertama dari bagian desain, Walaupun sama-sama retro, New Honda Scoopy memiliki desain lampu bulat yang terletak di bagian bodi depan menyatu dengan lampu sein dan lampu Daytime Runing Light(DRL), sedangkan New Honda Stylo memiliki bentuk lampu depan hexagonal yang letaknya berada di stang kemudi, lampu sein dan DRL-nya berada di bodi depan.

Keduanya memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda, dimana Honda Scoopy lebih membulat termasuk desain lampu remnya, sedangkan Stylo memadukan konsep retro fashionable dengan sentuhan detail yang lebih mewah dan elegan.

Dimensi keduanya juga berbeda, termasuk ukuran ban walaupun keduanya menggunakan lingkar velg 12 inci, tapi ukuran ban New Stylo 160 sedikit lebih besar yakni 110/90 pada bagian depan dan 130/80 pada bagian belakang, sedangkan Scoopy 100/90 di depan dan 110/90 dibagian belakang.

Perbedaan selanjutnya ada pada segi fitur. New Honda Stylo 160 masuk ke dalam jajaran kategori skutik premium karena memiliki sistem pengereman Antilock Braking System (ABS) untuk varian tertingginya. Semakin lengkap karena sudah dijejali prringan rem cakram depan dan belakang. Begitu juga di bagian panel meter, New Honda Stylo sudah dilengkapi full digital panel meter. Dan tak kalah keren, New Honda Scoopy juga punya panel meter kombinasi analog dan digital yang bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap.

Walaupun begitu, keduanya memiliki fitur unggulan yang sama. Diantaranya, Honda Smart Key System yang sudah dilengkapi anti theft alarm, power charger model USB yang lebih praktis, hook atau gantungan barang yang inovatif, serta fitur Combi Brake System (CBS) untuk varian standar.

Perbedaan selanjutnya ada di bagian mesin. Walaupun sama-sama retro, New Scoopy dan Stylo memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Dimana New Scoopy mengusung mesin mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal.

Sedangkan New Honda Stylo 160, sesuai namanya skutik ini mengusung mesin  160cc 4 katup berpendingin cairan eSP+ yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm/7.000 rpm. Performa maksimal untuk sebuah motor skutik, dimana produk ini mengusung tagline "Fashion meets Powers".

Dan walaupun memiliki karakteristik mesin yang berbeda, tapi keduanya memiliki ukuran konsumsi bahan bakar yang sama-sama irit. Hasil pengujian internal, New Honda Scoopy menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO, sedangkan konsumsi bahan bakar New Honda Stylo 160 mampu mencapai 45 km untuk 1 liter bahan bakar.

Sedangkan untuk perbedaan lainnya adalah di sektor harga, New Honda Scoopy varian Sporty hadir dengan pilihan warna Sporty Red dan Sporty Grey, sementara untuk varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Brown, kedua varian tersebut dijual dengan harga Rp21.975.000. Varian Stylish dengan pilihan warna Stylish Red dan Stylish Green serta varian Prestige dengan pilihan warna Prestige White dan Prestige Black hadir dengan harga  Rp22.780.000.

Untuk New Honda Stylo 160 dipasarkan dengan dua tipe yakni ABS dan CBS dengan total 6 varian warna yang modis. Tipe ABS dipasarkan Rp 31.275.000 (On the road Bandung) ini tersedia dalam 3 warna yaitu Royal Green, Royal Matte Black dan Royal Matte White. Pada tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp 28.250.000 (on the road Bandung), tersedia dalam 3 warna juga yaitu Glam Red, Glam Black dan Glam Beige.

Kedua model ini juga dilengkapi dengan garansi rangka hingga 5 tahun tanpa batas jarak tempuh (kilometer), garansi komponen injeksi PGM-FI selama 5 tahun atau 60.000 km, garansi mesin selama 3 tahun atau 36.000 km, garansi kelistrikan selama 1 tahun atau 12.000 km.

Khusus di bulan Juni 2024 ini, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat memberikan promo untuk setiap pembelian produk skutik terbaru Honda.

Konsumen berhak mendapatkan jaket ekslusif untuk setiap pembelian skutik retro fashionable All New Honda Scoopy. Promo menarik ini berlaku untuk pembelian secara cash maupun kredit, untuk memanfaatkan promo ini konsumen bisa langsung mengunjungi jaringan dealer sepeda motor Honda terdekat yang tersebar luas di wilayah Jawa Barat.

Untuk memberikan kemudahan konsumen dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, seluruh konsumen pengguna sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat juga dapat memanfaatkan aplikasi Daya Auto untuk mendapatkan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service. Aplikasi Daya Auto dapat di download melalui Google Play Store dan iOS dengan menawarkan beragam fitur-fitur, diantaranya adalah kemudahan booking service, online katalog motor dan suku cadang sepeda motor Honda, KPB digital, dan nikmati keseruan games dan hadiah menarik yang bisa ditukarkan dengan menggunakan poin Hepigo.