Untuk memudahkan pengendara dalam melakukan beragam aktivitas sehari-hari, sepeda motor dirancang dengan menambahkan beberapa fitur. Salah satunya adalah ruang bagasi dibawah kursi pengemudi yang bisa memuat beragam macam barang bawaan, seperti helm, sepatu, jaket dan kebutuhan lainnya. Selain bagasi, fitur tambahan lain yang tak kalah pentingnya adalah gantungan barang.

Gantungan barang berfungsi untuk menyimpan barang bawaan tambahan dengan cara dikaitkan pada hook atau pengait yang sudah tersedia sebagai fitur tambahan pada masing-masing jenis kendaraan sepeda motor. Selain barang, gantungan ini bisa digunakan sebagai pengait tali helm ketika disimpan di tempat parkir. Namun berbeda dengan bagasi, barang yang boleh ditempatkan pada komponen tersebut sangat terbatas dan hanya barang yang memiliki ukuran yang kecil dan berat yang sangat ringan saja.

Seiring dengan perkembangan jaman, Pabrikan sepeda motor selalu terus berinovasi, termasuk pada bagian fitur gantungan barang. Sehingga bukan hanya mengutamakan fungsi, gantungan barang juga kini memiliki beragam macam bentuk dan jenis yang berbeda sesuai dengan model sepeda motor. Diantaranya.

Gantungan barang standar

Hampir semua produk sepeda motor terutama untuk model skuter matic (skutik) memiliki fitur gantungan barang. Pada umumnya memiliki model yang sama, yakni dengan bentuk pengait sederhana yang letaknya di bagian tengah diantaranya kunci kontak dan rak konsol boks depan atau diatas pijakan kaki depan pengemudi sepeda motor.

Gantungan barang Multi-Function Hook

Fitur Multi-Function Hook ini sangat bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat dilipat apabila tidak digunakan. Gantungan ini juga memiliki pengait yang bisa ditutup secara otomatis sehingga mencegah barang bawaan terjatuh atau terlepas saat melewati jalanan yang tidak rata.

Gantungan barang jenis ini bisa Brosis temui pada beberapa model produk sepeda motor Honda, diantaranya New Honda Scoopy dan juga All New Honda Supra-X 125.

Gantungan barang Pop-up Center Hook

Inovasi selanjutnya ada pada model skutik terbaru Honda yaitu New Honda Stylo 160. Gantungan barang pada sepeda motor skutik yang mengusung konsep premium retro fashionable ini menggunakan model Pop-up Center Hook.

Dimana fitur ini Pop-up Center Hook ini berada tepat di tengah dek sepeda motor yang dapat dilipat untuk memudahkan pengguna membawa barang bawaan. Keunggulan lainnya, desain gantungan barang ini memiliki bentuk yang compact dan terkesan tersembunyi sehingga tetap stylish jika sedang tidak digunakan.

Gantungan barang aksesoris modifikasi

Selain jadi komponen bawaan sepeda motor, terdapat juga gantungan barang yang merupakan part aksesoris untuk pengguna yang gemar modifikasi. Aksesoris gantungan barang memiliki beragam macam model dan bentuk yang menyesuaikan gaya, tren dan juga selera penggunanya.

Gantungan barang jenis ini menggunakan beragam material, dari mulai yang berbahan plastik yang memiliki banderol harga yang relatif lebih murah atau yang terbuat dari alumunium alloy yang memiliki bobot lebih ringan serta model yang lebih bervariatif.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan gantungan barang adalah pengendara tidak menggantungan barang yang terlalu berat. Pada umumnyta berat maksimum yang bisa dibawa berkisar antara 3 sampai 5 kilogram, lebih dari itu disarankan untuk menyimpan barang di ruang bagasi.

Pengendara juga disarankan untuk tidak menyimpan kunci kontak atau remote Honda Smart Key system juga barang berharga seperti dompet yang berisi dokumen pribadi pada tas yang disimpan di gantungan barang untuk mencegah hal-hal yang berpotensi merugikan pengendara seperti tindak pencurian atau kehilangan.

Gantungan barang juga harus selalu dirawat seperti rutin dibersihkan saat mencuci sepeda motor, untuk menghindari kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel. Jangan lupa untuk lakukanlah pemeriksaan dan perawatan berkala di AHASS terdekat dengan menggunakan layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri.