Kursi atau jok sepeda motor menjadi salah satu bagian penting untuk mendukung kenyamanan saat berkendara. Kursi jok yang ideal adalah yang memiliki kekenyalan busa yang empuk, tidak terlalu tebal dan tidak tipis sehingga bisa meredam guncangan dan getaran, serta memiliki kontur yang sesuai dengan bagian tubuh dan juga posisi pengendara sehingga bisa lebih nyaman ketika duduk berkendara.

Saat ini kursi jok juga didesain untuk bisa selaras dengan estetika dan bentuk dan model sepeda motor. Sehingga terkadang sepeda motor memiliki jenis dan bentuk kursi jok sepeda motor yang berbeda-beda tergantung konsep desain di setiap model sepeda motor.

Selain memiliki kontur dan juga detail yang dibuat berbeda, kursi jok sepeda motor juga memiliki beragam jenis dan bentuk. Disini Minho akan ajak Brosis mengenal satu persatu jenis dan bentuk kursi jok sepeda motor, diantaranya.

1. Jok tandem

Jenis jok yang sangat umum digunakan pada semua jenis sepeda motor, termasuk diantaranya untuk model sepeda motor skuter matik atau cub/bebek. Jok tandem memiliki arti kursi jok yang menyatu dalam satu bagian namun dirancang untuk bisa digunakan untuk dua orang berboncengan, yakni bagian depan untuk pengemudi dan belakangnya untuk penumpang sepeda motor dibuat one piece atau satu lempengan dan tidak terpisah.

Seiring berjalannya waktu, jok tandem juga dirancang menyesuaikan bentuk motor. Ada yang bentuknya datar, ada juga yang dibuat berkontur dan bergelombang atau memiliki beragam lekukan.

2. Jok terpisah

Memiliki nama lain split seat, dimana untuk jok pengemudi dibagian depan dan jok belakang untuk penumpang dibuat terpisah sehingga terdapat dua bagian jok yang tidak menyatu satu sama lain. Jok jenis ini pada umumnya digunakan untuk sepeda motor jenis sport, seperti Honda CBR series yang memiliki karakter sporti dengan bentuk yang bertumpuk dimana jok di bagian depan dibuat lebih rendah dibanding jok untuk penumpang di belakangnya.

Tapi ada beberapa model yang juga menggunakan jenis jok terpisah, seperti Honda Super Cub C125 dan juga Honda Rebel 500 dimana bentuk jok yang terpisah karena mengusung konsep desain sepeda motor bergaya klasik yang kental nuasa retro.

3. Jok single seat

Biasanya jok model single seat dibuat untuk kebutuhan sepeda motor untuk kompetisi balapan. Itu karena dirancang untuk digunakan hanya satu orang saja sebagai pengemudi. Pada beberapa model jok jenis ini juga hadir pada varian sepeda motor yang dibuat dalam edisi terbatas, seperti New Honda CBR1000RR-R Fireblade livery special 30th Anniversary.

Sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor, Kursi jok juga harus mendapat perawatan. pengendara harus memeriksakan kondisi sepeda motor secara menyeluruh untuk mengetahui masalah, termasuk pada bagian jok sepeda motor yang dapat berpotensi sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Jangan ragu untuk memercayakan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan pada teknisi andal dan berpengalaman di bengkel AHASS terdekat. Supaya sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima. Dan jangan lupa untuk melakukan perawatan dan service secara berkala agar sepeda motor tetap dalam kondisi optimal. Gunakan layanan kunjung AHASS dan booking service untuk layanan bebas antri.