Setiap kendaraan termasuk sepeda motor yang menggunakan bahan bakar tentunya memiliki tangki yang memiliki fungsi sebagai media untuk menampung dan menyimpan bahan bakar. Tangki bahan bakar tentunya sangat penting karena dibutuhkan untuk proses pembakaran pada ruang mesin sehingga nantinya menjadi energi untuk menggerakan kendaraan.

Sepeda motor khususnya yang beredar di Indonesia, setidaknya terdapat 5 posisi tangki bahan bakar yang sangat umum digunakan berdasarkan jenis dan model setiap sepeda motor, diantaranya.

1. Tangki motor di bawah jok

Posisi tangki bahan bakar yang paling umum digunakan pada sepeda motor terletak dibawah kursi jok. Model yang menggunakan jenis tangki seperti ini diatarnya sepeda motor jenis skutik dan juga motor bebek. Tangki jenis ini terbilang aman, lubang tangki berada di tempat tersembunyi dan terkunci bersamaan dengan jok sepeda motor. bahkan terhindar dari hujan dan radiasi terik panas matahari.

Namun tangki jenis ini relatif memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding model lainnya karena berbagi ruang dengan bagasi untuk menyimpan barang bawaan.

2. Tangki motor sport

Salah satu ciri khas sepeda motor sport atau biasa disebut motor laki adalah memiliki tangki dibagian depan, tepat diantara setang kemudi dan kursi jok sepeda motor.

Keunggulan posisi tangki jenis ini bisa memiliki kapasitas yang lebih besar menyesuaikan kebutuhan masing-masing model sepeda motor. Bisa juga untuk mendukung eststika tampilan desain sepeda motor juga untuk meningkatkan center of gravity sehingga bisa meningkatkan performa mesin menjadi lebih maksimal.

3. Tangki motor skutik premium

Tangki bensin jenis ini umumnya digunakan untuk model-model skutik premium, seperti Honda PCX160, Honda ADV160 dan juga Forza 250. Posisinya tepat berada di bagian depan, antara pijakan kaki pengemudi yang tersembunyi dibawah rangka jenis backbone sehingga lebih aman dan nyaman.

Berbeda dengan sepeda motor jenis skutik lainnya, skutik yang memiliki tangki jenis ini umumnya memiliki kapasitas tangki yang lebih besar, sehingga bisa dibawa untuk melakukan perjalanan jarak jauh, seperti touring ke luar kota atau ke tempat-tempat seru. Sehingga tak hanya memiliki ergonomi riding yang nyaman dan performa maksimal tapi juga tidak khawatir kehabisan bahan bakar saat di perjalanan.

4. Tangki dibawah dek sepeda motor

Skutik premium juga tidak hanya menggunakan rangka backbone, tapi ada juga yang menggunakan dek rata seperti yang terdapat pada model Honda SH150i yang sempat eksis di Indonesia. Pada motor tersebut, posisi tangki bahan bakar berada di bawah dek pengemudi dan lubang tangkinya berada tepat dibawah lubang kunci kontak.

Tangki sepeda motor ini umumnya digunakan untuk produk skutik yang dijual di negara belahan Eropa. Karena lebih praktis ketika melakukan pengisian bahan bakar, dan juga bisa lebih nyaman dan fungsional karena area dek atau pijakan kaki pengendara yang rata dan luas.

5. Tangki bensin dibelakang jok penumpang

Tangki bensin jenis ini memang agak nyeleneh dan sangat tidak umum karena walaupun posisi tangkinya tepat di bawah jok pengendara, tapi untuk lubang dan tutup tangkinya berada tepat di area buritan sepeda motor atau tepat dibelakang kursi jok penumpang.

Biasanya tangki bensin jenis ini bisa kita temui di sepeda motor produk negara India terutama untuk model sepeda motor skutik. Walaupun terbilang praktis karena tidak perlu membuka kursi jok ketika melakukan pengisian bahan bakar, sepeda motor yang menggunakan tangki jenis ini pada umumnya memiliki tampilan belakang yang cenderung lebih besar dan tidak proporsional dari segi tampilan visual.

Namun yang harus diperhatikan, dimanapun posisi tangki bensin sepeda motor pengendara diharuskan untuk selalu turun dari kendaraan ketika melakukan pengisian bahan bakar. Tentunya untuk antisipasi apabila ada insiden kecelakaan atau kebakaran kita bisa lebih sigap untuk meninggalkan kendaraan dan pergi menyelamatkan diri ke tempat yang aman.

Selain itu, sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor. Tangki bahan bakar juga harus selalu mendapat perawatan. Dari mulai rutin melakukan pembersihan dibagian luar dan juga dibagian dalam juga harus selalu dikuras agar selalu tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang berpotensi merusak dan menghambat proses pembakaran pada mesin kendaraan.

Selalu lakukan pengecekan dan perawatan rutin tangki sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pelayanan maksimal dari teknisi tersertifikasi Honda. Gunakan layanan booking service dan layanan kunjung untuk layanan bebas antri.