Salah satu pendukung faktor kenyamanan berkendara terutama untuk handling sepeda motor ketika melakukan manuver dan pengendalian pada sepeda motor adalah komponen hand grip yang berada di kiri dan kanan stang kemudi sepeda motor.

Komponen ini harus memiliki material bahan yang kuat dan tahan gesekan serta memiliki tekstur yang diperlukan supaya handgrip tidak licin, sehingga pengendara bisa mengontrol penuh sepeda motor tanpa kendala dan juga tetap stabil. Selain itu, handgrip juga menjadi salah satu pendukung faktor estetika desain yang membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih keren dan proporsional secara visual.

Handgrip yang digunakan pada sepeda motor pada umumnya terdiri dari dua jenis, diantaranya handgrip standar yang memang menjadi bawaan dari pabrik, handgrip ini memiliki desain yang sangat umum, terkecuali untuk model special biasanya memiliki motif atau warna yang berbeda menyesuaikan model sepeda motor tersebut.

Sedangkan satunya lagi adalah handgrip aftermarket atau berupa aksesoris yang banyak tersedia untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengendara, termasuk untuk yang gemar melakukan modifikasi.

Nah, handgrip jenis ini tentunya memiliki desain motif, warna dan juga bahan jenis yang beragam. Diantaranya.

Handgrip karet

Material yang sangat umum digunakan pada setiap model handgrip baik tipe standar maupun aksesoris. Bahan yang ringan, lentur, tidak licin tapi kuat dan tahan dari gesekan ini juga memiliki banderol harga yang relatif murah. Sehingga menjadi pilihan favorit para pengguna sepeda motor.

Handgrip spons

Handgrip jenis ini biasanya digunakan sebagai tambahan aksesoris yang dipasang menutupi handgrip standar bawaan sepeda motor. Selain sebagai pendukung tampilan, handgrip spons juga memiliki bahan yang ringan, bisa menyerap keringat dan empuk sehingga lebih nyaman dan efektif menahan getaran di bagian stang kemudi.

Sayangnya handgrip jenis ini memiliki bahan yang tidak terlalu kuat, sehingga mudah rusak dan juga rentan terkena gesekan. Terlebih lagi, handgrip jenis ini berpotensi bahaya, karena material yang licin ketika basah sehingga menghambat atau membuat kendali hanfat gas tidak presisi atau tidak berputar dengan baik.

Handgrip alumunium

Material alumunium atau bahan metal lainnya yang digunakan tentunya tidak semua digunakan untuk komponen handgrip, tapi menjadi kombinasi antara handgrip model karet, plastik atau spons yang dipadukan dengan aksesoris tambahan baik, dibagian permukaan atau juga dibagian ujung samping atau berfungsi sebagai bandul/jalu stang.

Sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor, handgrip juga harus mendapat perawatan rutin. Periksa jika ada kerusakan, maka harus mendapat pergantian terutama pada bagian handgrip yang menyatu dengan hanfat gas/throttle.

Jangan lupa juga untuk membawa sepeda motor Honda ke bengkel AHASS terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan pergantian handgrip atau komponen lainnya, sekaligus untuk memastikan performa sepeda motor selalu dalam kondisi prima. Gunakan layanan kunjung dan booking servis untuk layanan bebas antri.