Sepeda motor keluaran terbaru saat ini sudah banyak yang menggunakan model Smart Key atau keyless dimana tidak perlu menggunakan kunci kontak biasa melainkan digantikan dengan knop yang diaktifkan melalui remote yang canggih.

Tapi di beberapa produk, Honda juga masih menggunakan kunci kontak model mekanis konvensional biasanya yang menggunakan anak kunci. Salah satu kekurangan kunci seperti ini adalah sering terjadi seret, susah dimasukan atau jika pun bisa dimasukan tapi macet tidak bisa dicabut.

Apa penyebabnya? Jika motor jaman dulu penyebabnya adalah karat dari material besi, tapi di motor keluaran terbaru sudah menggunakan material yang anti karat. Namun begitu, penyebab seretnya kunci kontak adalah karena debut atau kotoran yang masuk ke dalam lubang kunci akibat terbawa air saat mencuci sepeda motor.

Atau bisa juga karena debut dan kotoran yang terbawa masuk air hujan sehingga mengendap di dalam lubang kunci, apalagi ketika disimpan di ruangan terbuka ketika parkir. Maka sangat dianjurkan untuk memarkirkan sepeda motor di ruangan yang terlindung dari hujan atau paparan sinar matahari langsung.

Jika kunci kontak sepeda motor mengalami kondisi seret, saat belum dimasukan atau sesudah dimasukan solusinya adalah gunakan pelumas atau juga cairan penentran ke dalam lubang kunci.

Semprotkan penetran kedalam lubang, diamkan sebentar, kemudian semprotkan lagi sampai kotoran didalam lubang keluar,kemudian baru masukan anak kunci. Dan jika macet tidak bisa dicabut, masukan cairan penetran, diamkan sebentar,  jangan langsung dicabut tapi goyangkan sedikit dan cabut secara perlahan.

Untuk menjaganya supaya kunci kontak tidak terjadi seret atau macet, cairan penetran juga harus diberikan secara rutin, terutama setelah selesai mencuci sepeda motor.